Dispenduk Bangkalan Menerapkan Aturan Baru Sesuai Perpres

BANGKALAN - analisapost.com | Terapkan aturan baru, Dispenduk Bangkalan mempermudah Kepengurusan pindah domisili kependudukan,

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispenduk) Kabupaten Bangkalan telah menerapkan aturan baru dalam mengurus pindah domisili. Hal itu sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 96 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 108 Tahun 2019 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil.


Dalam aturan tersebut dijelaskan bahwa pidah domisili saat ini lebih mudah. Tidak perlu lagi surat pengantar dari RT/RW atau Desa/Kelurahan.


Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dispendukcapil Bangkalan, Agus Suharyono mengatakan bagi warga yang hendak pindah domisili dalam satu Kabupaten/Kota cukup menunjukkan Kartu Keluarga (KK). Sementara bagi warga yang berencana pindah domisili antar Kabupaten/Kota dalam satu Provinsi atau antar Provinsi hanya perlu Surat Keterangan Pindah (SKP).


Dengan aturan yang lebih memudahkan tersebut ia berharap dapat lebih mempermudah masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan. “Kita sudah terapkan sesuai aturan. Jadi penduduk yang hendak pindah domisili hanya perlu menunjukkan KK,” ujarnya. (MzL)

413 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua