Ketika Indonesia Menjadi Bagian Dari Sejarah Dunia Di Tanggal Yang Sama

Penulis: Ns PanjiKu


analisapost.com | Siapa yang menyangka bahwa Indonesia memiliki peristiwa sejarah yang mendunia. Uniknya lagi, sejarah ini terjadi di tanggal dan bulan yang sama dimana 2 peristiwa ini terpaut 144 tahun lamanya. 2 peristiwa sejarah itu adalah:

1. Wafatnya Julius Robert von Mayer

Julius Robert von Mayer adalah seorang dokter & fisikawan Jerman yang terkenal sebagai orang pertama yang mengemukakan Hukum Kekekalan Energi. Julius Robert von Mayer wafat pada 20 Maret 1878 dalam usia 63 tahun. Lantas apa hubungannya ilmuwan Jerman tersebut dengan Indonesia dalam hal sejarah dunia?


Mayer menemukan hukum kekekalan energi ini saat berada di Indonesia pada tahun 1840, dimana saat itu negara Indonesia masih disebut sebagai Hindia Belanda. Saat itu, Mayer bekerja sebagai dokter di kapal layar Belanda untuk perjalanan dari Batavia ke Surabaya.


Saat berlabuh dari Batavia, Mayer melihat adanya perbedaan kecerahan warna darah di pembuluh arteri & vena awak kapal yang terluka. Saat itulah Mayer menganalisa 2 fenomena, yaitu:

  • Perbedaan warna yang diakibatkan dari perbedaan kadar oksigen dalam darah. Darah dari pembuluh arteri yang kaya oksigen berwarna lebih cerah daripada darah dari pembuluh vena.

  • Perbedaan warna darah dari pembuluh vena orang Eropa lebih cerah daripada warna darah dari pembuluh vena orang Indonesia.

Selama perjalanan menuju Surabaya, Mayer mulai membandingkan suhu udara di Eropa & Indonesia. Kemudian Mayer menyimpulkan bahwa saat manusia berada di suhu udara yang lebih panas, manusia membutuhkan lebih sedikit oksigen untuk menghangatkan tubuhnya. Setibanya di Kota Surabaya, Mayer mengaitkan 2 fenomena itu. Dari sanalah kemudian muncul hukum tentang konservasi energi. Hal itu terdapat dalam surat yang ditulisnya kepada Paris Academy of Sciences yaitu: "In 1840, in Surabaya, I discovered the energy conservation set."


1 tahun kemudian (1941), Mayer mengucapkan pernyataan yang terkenal mengenai konservasi energi, yaitu "Energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan". Ungkapan itu serupa dengan Hukum Kekekalan Energi (Hukum I Termodinamika), yang berbunyi "Energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain tetapi tidak bisa diciptakan / dimusnahkan".

Meskipun demikian, kontroversi tentang penemu pertama Hukum Kekekalan Energi tidak hanya dikreditkan pada Julius Robert von Mayer, tetapi juga pada James Prescott Joule & Hermann Ludwig Ferdinand von Helmholtz.Pada akhirnya, Royal Society memberikan Medali Coupley pada mereka bertiga yang telah bekerja secara independen satu sama lain atas Hukum Kekekalan Energi pada tahun:

  • James Prescott Joule (1870)

  • Julius Robert von Mayer (1871)

  • Hermann Ludwig Ferdinand von Helmholtz (1873)

2. MotoGP Mandalika 2022.

Kalender balap MotoGP 2022 menempatkan Grand Prix Indonesia diputaran kedua. Sejarah ini terukir pada 20 Maret 2022 dimana ajang balap motor paling prestisius di dunia itu diselenggarakan di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Indonesia.

Segenap rakyat Indonesia sangat antusias karena ajang balap MotoGP di negeri ini telah vacum selama 25 tahun sejak 28 September 1997 yang saat itu dilaksanakan di Sentul International Circuit. Hal yang disayangkan adalah Valentino Rossi yang merupakan salah satu legenda balap MotoGP tidak bisa membalap di MotoGP Mandalika 2022 karena memutuskan pensiun di MotoGP 2021. Banyak pihak mendambakan Valentino Rossi dapat menutup karir di 2022, karena ia menjuarai Moto3 25 tahun sebelumnya di Indonesia.


1.609 tampilan0 komentar