Kentongan dan Sirene serentak di Bunyikan Saat Simulasi Bencana di Rusun Penjaringan
top of page

Kentongan dan Sirene serentak di Bunyikan Saat Simulasi Bencana di Rusun Penjaringan

SURABAYA - analisapost.com | Hari ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya menggelar simulasi penanggulangan Bencana di Rusun Penjaringan Sari, Rungkut Surabaya yang jatuh pada hari Jumat 26 April 2024.

Simulasi kebencanaan di rusun Penjaringan
Simulasi kebencanaan di rusun Penjaringan (Foto: Div)

Tepat pukul 10.00 WIB warga serentak membunyikan tanda kentongan, sirine, lonceng di Balai Kota Surabaya, Kelurahan, Kecamatan, sekolah, perkantoran, apartemen dan berbagai gedung bertingkat sebagai tanda turut memperingati Hari Kesiapsiagaan Nasional.


Menurut Agus Hebi Djunianto mengatakan bahwa pentingnya simulasi bencana bagi warga meskipun tidak ada bencana dengan tujuan mewujudkan sikap waspada akan potensi bencana seperti gempa dan kebakaran sehingga masyarakat tidak panik tetap tenang dan segera menyelamatkan diri atau membunyikan sirine, kentongan, lonceng maupun penanda lainnya.


"Tujuan diadakannya simulasi adalah apabila ada bencana warga tidak panik. Tidak hanya rusun tapi sekolah, kampung dan juga gedung bertingkat perlu tahu. Yang penting masyarakat wajib sadar bencana karena kita tidak tahu kapan bencana terjadi," ujarnya..


Hebi menilai warga cukup baik menghadapi bencana seperti yang terjadi gempa Bawean-Tuban yang turut mengguncang Surabaya.


Dari pantauan awak media AnalisaPost, tampak puluhan warga mengikuti simulasi yang berlangsung disekitar meskipun dalam kondisi hujan. Beberapa warga berteriak dan berlari berakting seolah-olah terjadi bencana diwarnai gelak tawa mereka.

Sirine dan kentongan serentak dibunyikan
Sirine dan kentongan serentak dibunyikan (Foto: Div)

Sementara itu, warga Rusun Penjaringan Sari, ibu Tutik mengaku simulasi menambah pengalaman baginya.


"Simulasi ini wajib kita tahu agar kita bisa waspada terhadap bencana yang terjadi sewaktu-waktu," jelasnya kepada awak media AnalisaPost saat di tanya kehadirannya.


"Kita bisa tambah pengetahuan dan senang aja. Jadi tidak perlu takut dan panik kalau ada bencana sewaktu-waktu," tutupnya mengakhiri. (Dna)


Dapatkan berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari dan ikuti berita terbaru analisapost.com di Google News klik link ini jangan lupa di follow.

1.430 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page