Primary 6 Project Based Assesment EXhibition 2022
top of page

Primary 6 Project Based Assesment EXhibition 2022

Diperbarui: 4 Jun 2022

Editor : Redaksi


Oleh : Syaiful Bachri

Ketua Komnas Perlindungan Anak Surabaya


SURABAYA - analisapost.com | Sebagai sekolah berstatus ‘Satuan Pendidikan Kerjasama (SPK) berakreditasi A, SD Surabaya Grammar School (SGS) telah berkomitmen untuk memberikan program dan kurikulum yang selaras dengan Pendidikan di era 4.0, yaitu Pendidikan berorientasi ‘masa depan’ yang menerapkan teknologi digital dalam metode pembelajaran.

Sebagai pengganti Ujian Nasional, siswa siswi kelas 6 ditugaskan untuk melengkapi satu dari lima pilihan Projects Based Assessment. Projects tersebut mencakup STEAM education system yaitu Science, Technology, Engineering, Art and Maths dan wajib dipresentasikan ke dalam bentuk video dengan menggunakan Bahasa Indonesia.


Lima pilihan Projects Based Assessment yang bisa dipilih oleh masing masing siswa adalah sebagai berikut:


1. Diorama of Zoo

Diorama kebun binatang harus mencakup nama kebun binatang, binatang yang diletakkan di dalam area individual dengan ukuran yang presisi, peraturan kebun binatang dalam bahasa Indonesia, binatang dan tumbuhan dalam bentuk 3D atau cetak.


2. Diorama of a house and the living things in or around it.

Diorama rumah harus dengan ukuran yang presisi, mempunyai organisme hidup di sekitar rumah.

3. Recycled Clothes from used material

Pakaian daur ulang harus berasal dari material yang telah dipakai seperti kertas atau platik. Pakaian juga harus diukur dengan presisi dan muat dipakai


4. Making cookies

Dalam projects ini, kue kering yang dibuat harus disertakan bahan bahannya, takaran untuk setiap bahan, perubahan dalam pembuatan kue kering dan minimum kue keringnya sejumlah 10 keping.


5. Growing plants from seed.

Dalam project ini siswa diharapkan melakukan pengukuran tinggi dari pertumbuhan di tiap harinya, mengukur volume air yang dibutuhkan tanaman, menganalisa faktor yang menyebabkan biji lebih cepat tumbuh dan mengapa biji tidak tumbuh.


Dalam kegiatan ini, para siswa siswi kelas 6 juga diminta membuat video presentasi dalam bahasa Indonesia tentang bagaimana cara mereka mengerjakan projects tersebut. Selain memamerkan hasil projects yang telah dibuat, video juga ditampilkan di area pameran.

Tim guru, siswa siswi kelas lain, orangtua maupun wali murid juga diundang untuk menghadiri acara Primary 6 Projects Based Assessment Exhibition 2022. Pengunjung juga bisa bertanya jawab kepada siswa siswi kelas 6 tentang bagaimana cara pembuatan maupun bahan yang dipakai.


SEKILAS TENTANG SURABAYA GRAMMAR SCHOOL DIVISI SEKOLAH DASAR WISATA BUKIT MAS


SD Surabaya Grammar School berlokasi di kompleks Wisata Bukit Mas II, Blok H 1-5, Wiyung - Surabaya. Surabaya Grammar School di Wisata Bukit Mas terdiri dari 2 gedung yaitu gedung 1A untuk divisi Playgroup TK dan gedung 1B untuk divisi Sekolah Dasar. Selain di cabang Wisata Bukit Mas, SGS juga memiliki 2 cabang sekolah SGS yang terdiri dari 1 cabang di Surabaya Barat yaitu SGS Grand Pakuwon untuk jenjang PG, TK, SD, SMP dan 1 cabang di Surabaya Timur yaitu SGS Montersori MERR untuk jenjang PG TK


SD SGS telah berakreditasi A, dipimpin oleh Kepala Sekolah yang bernama Feriana Susanti, S.Pd., M.M. ini memiliki 658 murid dari kelas 1 sampai dengan kelas 6. SD SPK Surabaya Grammar School menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama serta bahasa Mandarin dan bahasa Indonesia. SGS juga merupakan sekolah multicultural dan multireligion.


Surabaya Grammar School baru merayakan anniversary ke-13 ini berdiri bulan Mei 2009, berpusat di Wisata Bukit Mas, Wiyung, Surabaya.


777 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page