top of page

Memahami Pola Pikir Gus Dur Bagi Patriot Muda

Diperbarui: 15 Jun 2023

SURABAYA - analisapost.com | Siapa yang tidak kenal sosok satu ini. Pemikirannya yang cerdas meskipun kadang menimbulkan kontroversi.

Foto: Charles

Masyarakat menjuluki sebagai Bapak Toleransi. Dimana beliau sering berjuang untuk kaum minoritas. Di samping itu Gus Dur selalu punya joke - joke tidak terduga.


Dalam rangka pemahaman Gus Dur maka Gusdurian bersama beberapa organisasi kampus antara lain PMKRI mengadakan kelas pemikiran Gus Dur yang diselenggarakan di kampus Untag.(10/6/23).


Peserta yang hadir berjumlah 200 orang terdiri dari : Roemah Bhinneka, INTI Jatim, ALIT, PMII SS hingga PR IPNU IPPNU Nginden jangkungan. Sedangkan kampusnya berasal dari mahasiswa UINSA, UNTAG, UNAIR, UGM, UBAYA dan Universitas yang lainnya.


Hadir Subekti ketua yayasan UNTAG, Riadi Ngasiran dari Media Center PWNU hingga Puspita Ratna dari IKOHI sebagai pemateri.


Dalam sambutannya Wiwik Afifah sebagai Kaprodi S1 Fakultas Hukum Untag menyampaikan,"adek - adek yang hadir pada pagi ini adalah generasi penerus dalam mempertahankan sejarah sebagai ruang yang akan membawa mahasiswa dalam merespon posisi negara kita terus maju dalam berdemokrasi dinegara kita dihasilkan oleh para pendiri bangsa," terangnya.


Kemudian demokrasi ini didengung - dengukan dengan keras oleh Gus Dur. Sehingga memiliki sembilan nilai salah satunya kemanusian, kesetaraan, dan persaudaraan ini sebagai kerangka kita dalam bersikap. Jadi acara tersebut sangat penting dan sebagai bekal untuk menjadi patriot muda dan penggerak perdamaian," paparnya.


Kiprah Gus Dur bisa menjadi tauladan bagi kita semua dan memperjuangan keadilan dan kebenaran tanpa melihat suku, agama dan ras. (Che)

Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

192 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page