top of page

Salah Satu Solusi Hilangkan Rasa Bosan Melibatkan Diri Dengan Hewan Kesayangan

SURABAYA - analisapost.com| Memiliki hewan peliharaan itu merupakan suatu hal yang wajar dan saat ini semakin banyak orang menganggap hewan peliharaanya sebagai salah satu anggota keluarga. Semua perhatian diberikan kepada hewan kesayangan dari mulai memberi makan, bermain, membersihkan kandang dan mencintai mereka tanpa syarat.

Para pengunjung terlihat asik bermain bersama berbagai hewan kesayangan
Para pengunjung terlihat asik bermain bersama berbagai hewan kesayangan (Foto:Charles)

Mereka yang menghabiskan waktu bersama teman hewan kesayangan merupakan salah satu solusi atau alternatif menghilangkan rasa bosan di saat harus berada di rumah atau lelah karena pekerjaan.


Seperti yang terlihat pada pameran Funimal Fest di Pakuwon City Mall (PTC) Surabaya beberapa waktu yang lalu. Bagi pencinta hewan di Jawa Timur, tentu saja ini sangat di nanti-nantikan dimana pengunjung dapat berinteraksi langsung bersama berbagai macam hewan mulai dari burung, ikan, hamster hingga reptil.


"Funimal Fest ini merupakan event tahunan. Acara ini dilaksanakan bulan Desember kita gabungkan jadi satu menjelang akhir tahun. Hewan-hewan ini sengaja di hadirkan sebagai menyambut Natal dan Tahun Baru. Ada kelinci, burung ikan dan hamster. Tetapi hewan ini tidak mereka jual, lebih tepatnya condong ke activity," ujar Kevin PIC Funimal Fest menyampaikan kepada awak media AnalisaPost.


"Contoh ikan tidak jual tetapi pengunjung melakukan aktivitas seperti menyerok ikan. Pengunjung juga bisa masuk ke dalam kandang melihat burung secara langsung. Tujuannya adalah agar masyarakat terutama anak-anak hingga orang tua bisa fun, bahagia dan bisa mencintai hewan,"jelasnya.

Kevin sebagai PIC
Kevin sebagai PIC (Foto: Charles)

Banyak pengunjung datang tertarik untuk untuk melihat-lihat, tampak anak-anak asyik memberi makan hewan sambil bermain bersama beberapa hewan. Hal ini merupakan respon yang cukup positif.


Salah satu pengunjung saat di temui awak media AnalisaPost mengatakan,"kebetulan saya jalan-jalan bersama orang tua ke Pakuwon City Mall (PTC) sekalian lihat-lihat pameran yang ada di Funimal Fest. Kalau bisa rutin diadakan even seperti ini karena bisa berintreaksi secara langsung dengan hewan,"kata Dev menjelaskan di sela-sela kesibukannya berkeliling untuk melihat hewan-hewan.


Dengan adanya pameran tersebut, diharapkan masyarakat bisa memiliki rasa sayang pada hewan peliharaan. Mendidik anak-anak untuk mencintai hewan merupakan langkah penting dalam pembentukan karakter mereka. Ini tidak hanya bermanfaat bagi hewan, tetapi juga dapat mengajarkan anak-anak nilai-nilai seperti empati, tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan.

Contohkan sikap baik tunjukkan kepada anak-anak bagaimana merawat hewan peliharaan
Contohkan sikap baik tunjukkan kepada anak-anak bagaimana merawat hewan peliharaan (Foto: Charles)

Berikut adalah beberapa cara untuk mengajari anak-anak mencintai hewan:

  1. Contohkan Sikap Baik: Tunjukkan kepada anak-anak bagaimana Anda merawat hewan peliharaan atau bagaimana Anda bertindak dengan hewan di sekitar Anda. Contohkan kebaikan, perhatian, dan kasih sayang.

  2. Berinteraksi dengan Hewan: Bawa anak-anak ke kebun binatang, taman burung, atau tempat penampungan hewan untuk memberi mereka kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan berbagai jenis hewan. Ajarkan mereka cara berbicara dan menyentuh hewan dengan lembut.

  3. Pelihara Hewan Peliharaan: Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk memelihara hewan peliharaan di rumah. Ini bisa menjadi pengalaman berharga bagi anak-anak, mengajarkan mereka tentang tanggung jawab, rutinitas harian, dan hubungan emosional dengan hewan.

  4. Belajar Tentang Beragam Hewan: Baca buku anak-anak atau tonton film animasi yang berfokus pada hewan. Diskusikan karakteristik dan perilaku berbagai jenis hewan. Ini dapat membantu meningkatkan pemahaman dan rasa ingin tahu mereka tentang dunia hewan.

  5. Ajarkan Menghormati Hewan: Jelaskan kepada anak-anak bahwa hewan memiliki perasaan dan kebutuhan seperti manusia. Ajarkan mereka untuk tidak menyakiti atau menyiksa hewan dan untuk selalu memperlakukan hewan dengan hormat.

  6. Ikut Program Pendidikan Hewan: Banyak organisasi yang menyelenggarakan program pendidikan tentang hewan untuk anak-anak. Ikutlah dalam kunjungan ke peternakan atau pusat penyelamatan hewan, atau ikuti program pendidikan hewan di taman kota atau museum setempat.

  7. Libatkan Mereka dalam Kegiatan Konservasi: Ajarkan anak-anak tentang pentingnya konservasi dan bagaimana mereka dapat membantu melindungi hewan dan habitat mereka. Ini bisa termasuk mengurangi penggunaan plastik, mendukung organisasi lingkungan, atau bahkan melakukan kegiatan sukarela bersama-sama.

  8. Berbicara Tentang Keberlanjutan: Jelaskan kepada anak-anak bagaimana keberlanjutan dapat membantu melindungi habitat dan kehidupan hewan. Ajari mereka praktik-praktik kecil yang dapat mereka lakukan untuk mendukung keberlanjutan.

  9. Beri Tahu Cerita-cerita Inspiratif: Ceritakan cerita-cerita atau berikan contoh tentang orang-orang yang telah melakukan sesuatu untuk menyelamatkan hewan atau melindungi lingkungan. Ini dapat menginspirasi anak-anak untuk berbuat baik kepada hewan dan lingkungan.

Dengan mendidik anak-anak tentang pentingnya mencintai dan merawat hewan, kita dapat membantu menciptakan generasi yang lebih sadar akan keberlanjutan dan lebih peduli terhadap makhluk hidup di sekitar mereka.(Che/Dna)


Dapatkan berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari dan ikuti berita terbaru analisapost.com di Google News klik link ini jangan lupa di follow.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page