Sewindu Pembangunan Taput

Oleh: Norris Hutapea

Reporter analisapost.com

 

TAPUT - analisapost.com | Pembangunan merupakan suatu proses perubahan yang dilakukan melalui upaya-upaya yang terencana untuk menjadi lebih baik lagi.

Foto: Noris

Tujuan dari pembangunan adalah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan yang baik tentu dapat meningkatkan pertumbuhan sehingga dapat memajukan daerah itu sendiri.


Suatu daerah yang maju bisa menjadi panutan untuk daerah lain sehingga berlomba-lomba menjadi daerah yang semakin maju. Daerah-daerah yang maju tentu saja dapat memajukan Negaranya sendiri.


Ada beberapa faktor penunjang pertumbuhan suatu wilayah,  faktor pertama adalah sumber daya alam (SDA), kawasan yang mempunyai SDA berlimpah dan dikelola dengan baik tentunya bisa membawa dampak besar bagi daerah itu sendiri serta daerah sekitarnya. Faktor kedua adalah sumber daya manusia (SDM), selain sumber daya alam hal penting lainnya adalah sumber daya manusia juga dibutuhkan dalam pengembangan faktor pertumbuhan.


Sumber daya manusia berperan penting dalam memajukan suatu daerah. Faktor ketiga adalah lokasi, wilayah strategis memiliki potensi besar untuk menjadikan daerah tersebut lebih maju. Terlebih lagi jika kawasan tersebut mempunyai aksesbilitas yang tinggi dan fasilitas yang memadai. Faktor keempat adalah fasilitas penunjang berupa jalan, listrik, telekomunikasi, transportasi. Faktor kelima adalah kehidupan sosial, budaya, adat istiadat, dan faktor lainnya.


Kemajuan suatu daerah tidak hanya ditentukan oleh faktor-faktor yang telah dijelaskan tersebut, tetapi bagaimana komitmen seorang pemimpin dalam melaksanakan visi misi untuk memajukan daerah yang dipimpinnya. Banyak daerah yang tidak memiliki sumber daya alam yang berlimpah tapi lebih maju dari daerah yang memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Kemajuan suatu daerah juga bisa dicapai berkat kerja sama yang baik antara pemimpin yang berkomitmen dengan seluruh instansi pemerintahan dan seluruh komponen masyarakat .


Kabupaten Tapanuli Utara merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Sumatra Utara, Indonesia yang ibukotanya berada di Tarutung. Jumlah penduduk Kabupaten Tapanuli Utara ditahun 2021 sebanyak 320.542 jiwa, dengan kepadatan penduduk 85 jiwa/km² dan Kabupaten ini merupakan kawasan yang mayoritas penduduknya adalah etnis atau suku Batak Toba.


Kabupaten Tapanuli Utara juga yang dikenal memiliki kesuburan tanah dan keindahan alamnya, oleh karena itu begitu banyak wisata alam yang dapat dikunjungi.


Nama Nikson Nababan sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Tapanuli Utara atau bahkan di daerah lainnya. Bagaimana tidak pria kelahiran 5 Oktober 1972 bernama lengkap Drs.Nikson Nababan, M.Si itu merupakan Bupati Tapanuli Utara yang sudah menjabat dari tahun 2014 sampai sekarang selama dua periode.


Menjabat selama dua periode, siapa sangka Bupati Tapanuli Utara tersebut merupakan mantan jurnalis dan terkenal juga sebagai seorang bupati yang inovatif. Hal ini terbukti atas penghargaan yang dia terima sebagai Kepala Daerah Inovatif (KDI) tahun 2022 atas peningkatan pelayanan kesehatan di Tapanuli Utara. Penghargaan itu diserahkan oleh Drs. Abdul Hakim Iskandar, M.Pd Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi bersama Komisaris Utama MNC Portal Agung Firman Sampurna, bertempat di Klenteng Sam Poo Kong Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah.


Pelayanan kesehatan di Tapanuli Utara selama berapa dekade ini memang mengalami peningkatan khususnya pada pandemi Covid-19 melanda seluruh negeri. Sejak awal pandemi, Kabupaten Tapanuli Utara memang fokus dalam kebutuhan kesehatan masyarakat dan hal ini tersebut terbukti dengan dibangunnya empat gedung baru khusus penanganan Covid-19 di kompleks RSU Daerah Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara.  Adapun empat gedung yang diresmikan, yakni Gedung Perumahan Dokter Dr.(H.C) Ir.H. Soekarno, Gedung Instalasi Gizi Nikson-Sharlandy, Gedung Paru Fatmawati, dan Gedung Pemulasaran Jenazah.


Selain itu, tenaga medis yang mengabdi juga semakin bertambah khususnya dibagian spesialis. Dilansir dari website Badan Pusat Statistik Kabupaten Tapanuli Utara (tapanuliutarakab.bps.go.id), tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah Tapanuli Utara semakin bertambah. Dari tahun 2018-2021 tenaga medis spesialis penyakit dalam bertambah 3, spesialis anak bertambah 1,  spesialis patologi klinik bertambah 2, spesialis mata bertambah 1,  dokter umum bertambah 2, dokter gigi bertambah 5.


Selain tenaga medis yang betambah tahun 2018 Nikson Nababan meresmikan Puskesmas Muara yang berada di kawasan wisata Danau Toba tepatnya di Desa Huta Nagodang, Muara. Puskesmas tersebut sudah hampir setara dengan rumah sakit karena melayani pengobatan rawat inap pasien. Upaya percepatan peningkatan pelayanan masyarakat di bidang kesehatan terus berlanjut dengan menambah 1 lagi UPT Puskesmas di Desa Paniaran Kecamatan Siborong-borong dibangun pada tahun 2019.


Selain membangun puskesmas atau pusat kesehatan yang baru pemerintah juga memperbaiki gedung puskesmas lama yang ada di desa-desa untuk menunjang kesejahteraan masyarakat.


Kemudian, pada 2020 juga Bupati Tapanuli Utara juga meresmikan Laboratorium Pemeriksaan PCR Covid-19 di RSUD Tarutung guna pelayanan lebih maksimal bagi pasien Covid-19. Laboratorium memiliki kapasitas lebih banyak, dimana dalam satu putaran bisa masuk 96 sampel sehingga dalam sehari bisa sebanyak 384 sampel dan pelayanan kepada masyarakat-pun lebih maksimal.


Pusat kesehatan, tenaga medis yang memadai, serta pelayanan kesehatan yang baik merupakan bentuk kepeduliam pemerintah terdapat masyarakat yang ia pimpin. Kepuasan masyarakat dalam pelayanan kesehatan tentu mejadi bukti bahwa pembangunan dalam bidang kesehatan di Kabupaten Tapanuli Utara sudah semakin maju. Hal ini dapat meningkatkan tujuan dari pembangunan itu sendiri yaitu kesejahteraan masyarakat.


Selain itu, selama kepemimpinanya sudah banyak prestasi membanggakan lainnya yang sudah diwujudkannya. Pada tahun 2021 Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan menerima penghargaan kategori terbaik dalam pencapaian realisasi anggaran belanja tahun 2021 di Kabupaten/Kota Sumatera Utara. Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi di Hotel Santika Medan.


Tahun 2021 anggaran belanja pada APBD Kabupaten Tapanuli Utara sebesar Rp.1.600.666.840.823 (Satu Triliun Enam Ratus Milyar Enam Ratus Enam Puluh Enam Juta Delapan Ratus Empat Puluh Ribu Delapan Ratus Dua Puluh Tiga Rupiah), sedangkan realisasi belanja pada APBD Kabupaten Tapanuli Utara sebesar Rp.1.445.025.258.207 (Satu Triliun Empat Ratus Empat puluh Lima Miliar Dua Puluh Lima Juta Dua Ratus Lima Puluh Delapan Ribu Dua Ratus Tujuh Rupiah). Pemerintah berhasil menekan belajan pada APBD dibawah dari  anggaran APBD yang direncakan, ini membuat Nikson Nababan pantas mendapatkan perngahrgaan tersebut (