Aksi Respon Banjir Bandang Sigi: DMC Kerahkan Jaringan Relawan Lokal

Sulawesi Tengah, Analisa Post | Banjir menerjang wilayah Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Minggu (29/8). Hal ini menyebabkan dua jembatan dan tanggul sungai rusak berat. Lumpur dan sejumlah material kayu memadati rumah-rumah warga dan menutup akses jalan.


Foto: Humas

Disaster Management Center ( DMC ) Dompet Dhuafa mengerahkan jaringan relawan lokalnya yang tergabung dalam Komunitas AyoTolong.id untuk melakukan respons di lokasi terdampak. Yakni, berupa pendirian pos hangat dan layanan minuman hangat. Selain itu, warga sekitar turut membantu membersihkan rumah-rumah dari lumpur.


Foto: Humas

“Kami akan melanjutkan bersih-bersih material pasir dari rumah warga terdampak,”terang Hairul selaku relawan AyoTolong.id DMC Dompet Dhuafa melalui pesan singkat.


Berdasarkan pantauan tim di lapangan, terdapat 93 KK atau 320 Jiwa yang terdampak. Perinciannya, dusun I terdiri atas 62 KK dan 194 jiwa. Lalu, dusun II terdiri atas 15 KK dengan 50 jiwa. Terakhir, dusun IV yang memiliki jumlah warga terdampak 16 KK dan 76 jiwa.


Foto: Humas

Selain itu, beberapa warga mengungsi di rumah kerabatnya yang tidak terkena terdampak. Tercatat, ada 36 unit rumah rusak, 43 unit rumah terendam lumpur, dan 1 mushola juga terdampak.


“Saat ini, kebutuhan mendesak bagi warga terdampak berupa bantuan logistik, air bersih, pakaian, air mineral, popok bayi berbagai ukuran, tikar, dan selimut,” kata Moh.Habil Syaputra selaku relawan AyoTolong.id DMC Dompet Dhuafa lainnya melalui pesan singkat. (Hms/Ced)

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua