Babinsa Cempedak dan Satgas Lakukan Rapid Tes Door to Door

Jakarta Timur, Analisa Post | Dalam upaya memastikan warga sehat, Babinsa Sertu Dedi, Serda Agus Widodo, Ka Puskesmas Cipinang Cempedak dr. Dami, dan Satgas Covid-19 melakukan pemeriksaan rapid test secara acak door to door terhadap 50 bertempat. Kegiatan itu dilakikan di Jalan Panti asuhan, RW 04, Kelurahan Cipinang Cempedak, Kecamatan Jatinegara, Kamis (16/09/2021).


Foto: Humas

Kegiatan tersebut dipimpin Lurah Cipinang Cempedak bersama Babinsa Sertu Dedi, Bhabinkamtibmas, Satpol-PP, dr. Dami Ka Puskesmas, Ketua RW.04, perangkat RT.013 dan FKDM Kelurahan.


Kegiatan rapid test yang dilaksanakan secara door to door menargetkan warga secara acak sesuai dengan data yang ada. Berdasar data, warga tersebut sudah menjalani isolasi mandiri dalam pengawasan petugas puskesmas, perangkat RT/RW dan Lasi Kesra Kelurahan Cipinang Cempedak.


Foto: Humas

Dilokasi terpisah, Danramil 01/Jatinegara Mayor Czi Jarmadi menjelaskan, kegiatan tes swab PCR yang dilakukan Lurah Cipinang Cempedak, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Petugas Puskesmas, perangkat RT/RW, dan FKDM bertujuan memastikan kesehatan warga masyarakat disekitar wilayah RT 013/04. Dengan demikian, apabila dalam hasil rapid tes terdapat warga yang positif, langkah-langkah tepat dalam penanganan pasien Covid-19 bisa segera dilakukan. Yakni, dengan pemberian obat dan pasien melakukan Isoman.


Setelah menjalani isolasi mandiri, pasien perlu melakukan rapid test untuk memastikan kondisi kesehatan warga tersebut. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan memastikan kesehatan warga sebelum bergabung di lingkungan tempat tinggalnya.


Foto: Humas

Sementara itu, setelah petugas medis melaksanakan test swab PCR terhadap 50 orang warga masyarakat. Hasil pemeriksaan dikirim esok hari melalui SMS/WA ke warga yang melakukan Tes Swab. Namun, Babinsa bersama tiga pilar tetap mengingatkan warga tetap mematuhi protokol kesehatan untuk keamanan dan kenyamanan bersama.


Selain itu, Babinsa bersama Satgas Covid-19 tetap mengimbau agar masyarakat tidak cepat puas dengan hasil Tes Swab PCR. ”Walaupun sudah test swab dan dinyatakan negatif nantinya, Diharapkan warga tetap menerapkan protokol kesehatan lewat mencuci tangan dengan air dan sabun, menjaga jarak aman serta memakai masker,” tutupnya. (Hms/Ced)

55 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua