Dari Limbah Sisik dan Tulang Ikan Menjadi Skincare "Scarine"
top of page

Dari Limbah Sisik dan Tulang Ikan Menjadi Skincare "Scarine"

SURABAYA - analisapost.com | Salah satu bahan limbah berasal dari sisik ikan dan tulang-tulang ikan besar di laut di sulap menjadi hydrogel dan memiliki bahan aktif Marine Collagen, dimana kandungannya dapat melembabkan dan meningkatkan produksi collagen pada kulit, sehingga membantu menyamarkan bekas luka, oleh empat mahasiswa Fakultas Kewirausahaan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS). Mereka adalah Marcella Rebecca Vania Kawatu, Yoane Deanita, Caroline Tanazal, dan Frenaldy Utomo. Jumat (27/10/23)

Tim Scarine Marcella Rebecca Vania Kawatu, Yoane Deanita, Caroline Tanazal, dan Frenaldy Utomo
Tim Scarine Marcella Rebecca Vania Kawatu, Yoane Deanita, Caroline Tanazal, dan Frenaldy Utomo (Foto: Div)

Dengan dibantu Dosen Pembimbing, Farida Lanawati Darsono,S.Si.,M.Sc., Dr.Diyah Tulipa,M.M., Dedy Mahendra Y.,S.T.,M.M.,M.Bus, produk Scarine berhasil mereka buat yang diformulasikan bersama Aquades, Glycerin, Carbopol 940, Trietanolamin (TEA), Nipagin dan Nipasol.


Diketahui sisik ikan mengandung protein kolagen yang tinggi sebesar 28.75%. Dimana Marine Collagen ini merupakan bahan dasar untuk membuat berbagai produk salah satunya Scarine.


"Ini merupakan hasil tugas akhir. Sejak semester lima, penerapan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan pembelajaran lintas jurusan, Kewirausahaan dan Farmasi, itu kami pergunakan dengan baik salah satunya adalah membuat inovasi baru," ujar Yoane Deanita.

Bahan dasar Scarine dapat membantu menyamarkan bekas luka, dan bekas jerawat
Bahan dasar Scarine dapat membantu menyamarkan bekas luka, dan bekas jerawat (Foto: Div)

Cella menambahkan," Inovasi ini yang kami sebut Scarine, bahan utama adalah Marine Collagen. Kami memilih bahan limbah sebagai moisturizer karena dapat membantu menyamarkan bekas luka, dan bekas jerawat. Untuk produknya bisa di gunakan 2-3 bulan sudah terlihat hasilnya," ceritanya kepada awak media AnalisaPost, Kamis (26/10/23)


"Kolagen yang terdapat pada sisik ikan mengalami reaksi didrolisis sehingga menghasilkan gelatin. Gelatin ikan ini mengandung asam amino berlimpah jadi tidak berbahaya bagi tubuh sehingga produk ini juga dapat digunakan pada seluruh anggota tubuh, termasuk wajah," ujar Frenaldy Utomo salah satu tim project Scarine saat di temui di Lab F&T Sediaan Likuida & Semi Solida, Tower Timur, Lantai 5 Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) Pakuwon City.

Farida Lanawati Darsono, M.Sc., selaku dosen Fakultas Farmasi UKWMS
Farida Lanawati Darsono, M.Sc., selaku dosen Fakultas Farmasi UKWMS (Foto: Div)

Farida Lanawati Darsono, M.Sc., selaku dosen Fakultas Farmasi UKWMS mengatakan,“Tentu ini menjadi satu hal yang positif, dan dengan senang hati kami bekerja sama dengan Fakultas Kewirausahaan UKWMS untuk mengembangkan produk ini. Kedepannya harapan kami produk ini bisa diproduksi secara massal, bekerja sama dengan industri," pungkas Farida dengan senyum ramah.(Dna/Che)


Dapatkan berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari dan ikuti berita terbaru analisapost.com di Google News klik link ini jangan lupa di follow.

bottom of page