Demi Pendekatan Pelayanan, Dan Pemerataan Pembangunan Dusun Detuara Berniat Pisah Dari Desa Mausambi


Foto : Humas

NTT - analisapost.com | Demi pendekatan pelayanan terhadap kebutuhan dasar masyarakat, dusun Detuara berniat untuk memisahkan diri dari desa induknya Mausambi.


Untuk memuluskan langkah itu, masyarakat dusun Detuara, telah lama membentuk panitia pemekaran desa, dan pada jumat 17 desember 2021 panitia dan perwakilan masyarakat datang untuk menemui DPRD Kabupaten Ende.


Ternyata, kerinduan masyarakat dusun Detuara untuk memisahkan diri dari desa Induknya Mausambi, sudah lama bersemi, sejak tahun 2011 cita – cita ingin menjadi desa sendiri yang mandiri belum kunjung terealisasi, namun panitia dan beberapa tokoh masyarakat tidak patah semangat, mereka terus berjuang.


Ketua panitia pemekaran desa Kabagana, Yulius Jira kepada media ini, melalui sambungan telepon selulernya menjelaskan bahwa aspirasi dan keinginan masyarakat dusun Detuara untuk memisahkan diri dari desa Induk Mausambi sudah terjadi sejak tahun 2011, dan tahun 2018 lalu kita sudah menyerahkan proposal itu ke DPRD PMD dan bupati Ende.


Kata Yulius Jira, tujuan utamanya adalah untuk pendekatan pelayanan, dan yang terpenting adalah pemerataan pembangunan, sehingga bisa dirasakan oleh masyarakat secara utuh dan paripurna.


Menurut Yulius Jira, proses pemekaran desa ini dari sisi persyaratan dan administrasi semuanya sudah di persiapkan oleh panitia, dan kita sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak untuk proses ini (jemsnere)

Tag:

1.285 tampilan0 komentar