Diduga Berbau Politik, Uji Kelayakan Calon Ketua BUMDES Didesa Kamal

BANGKALAN - analisapost.com | Fit and proper test atau uji kelayakan calon ketua Bumdesa di desa Kamal kecamatan Kamal Bangkalan Madura, di duga tidak transparan. Ada dua calon yang di nyatakan gugur karna tidak hadir dalam uji kelayakan yang di selenggarakan di kantor pemerintahan desa, atau balai desa yang di laksanakan hari Kamis 11-08-2022.

Awak media, berhasil memperoleh keterangan dari calon yang gugur mengatakan," ketidak hadiran saya pada fit and proper test atau uji kelayakan karena gak ada pemberitahuan atau undangan sebelumnya dari panitia, dan informasi dari panitia via telpon dua orang di nyatakan gugur karna tidak hadir termasuk saya," ungkapnya, dan minta namanya tidak di publikasikan.


Lanjutnya, "Uji kelayakan ini seakan-akan terselubung atau jangan-jangan berbau politik. Syarat menjadi pengurus tidaklah sulit. Seperti yang termasuk dalam pasal 14 Kemendes no: 14 tahun 2015 syarat menjadi pelaksana operasional Bumdes." ujarnya menambahkan.


Bumdes merupakan organisasi terpisah dari pemerintah desa, dan dalam pemilihan susunan kepengurusan termasuk Direktur Bumdes itu di pilih oleh masyarakat desa melalui tatib musyawarah yang di atur dalam peraturan menteri. Bumdes di tuntut terbuka dalam menjalankan kegiatannya, sehingga kejujuran menjadi indikator yang sangat utama. (MzL)


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#bumdes #kamal

383 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua