top of page

Dukung UMKM, Pemkab Tabanan Ikut Pameran Surabaya Great Expo

Diperbarui: 18 Agu 2023

SURABAYA - analisapost.com | Kabupaten Tabanan adalah salah satu tulang punggung pertanian di Pulau Dewata. Sektor pertanian dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang di dukung sektor pariwisata mempunyai kontribusi sangat penting dalam pembangunan. Hal itu dapat dilihat dalam bentuk pameran yang menampilkan berbagai jenis produk UMKM di Kabupaten Tabanan, Bali ikut memeriahkan Surabaya Great Expo 2023.

Pemkab Tabanan ikut hadir meriahkan Surabaya Great Expo, Kamis 17/8
Pemkab Tabanan melalui Dinas Pariwisata ikut hadir meriahkan Surabaya Great Expo, Kamis 17/8 (Foto: Div)

Merancang promosi pariwisata Indonesia khususnya Tabanan, dengan strategi menyasar target pasar spesifik dinilai akan sangat efektif.


Sesuai denga visi misi Kabupaten Tabanan yang telah ditetapkan dalam membangun Tabanan lima tahun ke depan, yaitu "Nangun Sat Kerthi Loka Bali" melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM), jajaran Pemkab Tabanan selalu optimis bisa membangkitkan perekonomian di Kabupaten Tabanan.


Hal tersebut disampaikan I Wayan Widiatmaja, S.SOS Kepala Bidang Promosi dan Pemasaran Pariwisata Tabanan Bali saat ditemui awak media AnalisaPost di pameran UMKM Surabaya Great Expo di Grand City Mall Surabaya, Kamis (17/8/23) dalam rangkaian acara Hari Jadi Kota Surabaya ke 730 dan HUT kemerdekaan RI ke-78 mulai tanggal 16-20 Agustus 2023.


"Pemkab Tabanan melalui Dinas Pariwisata mengandeng UMKM hadir dan ikut serta di pameran Surabaya Great Expo agar bisa saling mengisi dalam kaitannya meningkatkan mutu dan kualitas produk yang dihasilkan khususnya UMKM Tabanan, ajang pameran ini bisa memperkenalkan pada pangsa pasar yang lebih luas," ujarnya.


"Seluruh rangkaian acara berjalan lancar hal ini tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak, semoga Tabanan yang juga di kenal dengan Green Tourism bisa lebih baik lagi kedepannya. Kita bangga menjadi warga Indonesia yang memiliki kekayaan alam dengan banyak potensi yang ada di tiap-tiap daerah, mari ke Tabanan," ajak Widiatmaja pria sederhana yang penuh wibawa. Tak banyak yang di sampaikan namun memiliki makna cukup mendalam.

Kolaborasi ini diharapkan mampu membantu pelaku UMKM di daerah tumbuh serta tetap berinovasi menjual produk mereka
Kolaborasi ini diharapkan mampu membantu pelaku UMKM di daerah tumbuh serta tetap berinovasi menjual produk mereka (Foto: Div)

Dalam kesempatan yang sama, I Wayan Kerta Adnyana Staf Dinas Pemasaran Pariwisata Tabanan turut menambahkan, pembukaan pameran di Grand City Mall yang dibuka Wali Kota Eri cahyadi, Rabu (16/8/23) sangat merespon baik atas keikutsertaanya.


Ia mengharapkan agar pameran yang di tampilkan mampu memberikan ruang bagi pelaku UMKM untuk menunjukan produk-produk hasil olahan. Dengan demikian mereka dapat memanfaatkan sarana ini sebagai promosi sehingga produk yang dihasilkan dikenal masyarakat luas.


"Tabanan juga di sebut sebagai lumbung beras, memiliki produk pertanian beraneka ragam diangkat para pelaku UKM dalam beberapa bentuk produk olahan yang memiliki kualitas, daya saing dan nilai ekonomi yang cukup tinggi termasuk dalam bentuk barang-barang kerajinan," jelasnya kepada awak media AnalisaPost saat di tanya terkait produk-produk yang di tampilkan.

Tabanan juga di sebut sebagai lumbung beras, memiliki produk pertanian beraneka ragam
Tabanan juga di sebut sebagai lumbung beras, memiliki produk pertanian beraneka ragam (Foto: Div)

"Produk-produk UMKM yang di pasarkan di pameran merupakan produk unggulan Kabupaten Tabanan. Harapannya mampu memberikan manfaat yang optimal bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahterahan. Dan siapapun yang mau berkunjung serta dan menginap di Tabanan, tentunya juga akan bisa menikmati UMKM yang ada di Tabanan mulai dari kulinernya karena Tabanan juga di sebut Hidden Paradise , dan bagi yang ingin pesan beras merah atau produk lainnya, Pemkab Tabanan sebagai Kontributornya atau bisa hubungi PD Dharma Santika," ujarnya sambil tertawa mengakhiri perbincangan malam itu.


Pria humoris dan energik ini juga menyampaikan agar kolaborasi ini diharapkan mampu membantu pelaku UMKM di daerah tumbuh serta tetap berinovasi menjual produk mereka dan bisa meningkatkan untuk naik kelas sehingga Surabaya Great Expo bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. (Dna/Che)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com dan Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di AnalisaPost kami siap membantu.

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page