H Amir Liputo Sosialisasikan Perda Perlindungan dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas

MANADO - analisapost.com | Anggota DPRD Sulawesi Utara Hi Amir Liputo Sosialisasikan Peraturan Daerah tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Penyandang Disabilitas, di Kantor DPRD Sulut, Sabtu (22/1/2022).


Foto : istimewa

H Amir Liputo Mengatakan dalam sosialisasi Perda nomor 8 tahun 2021 adalah hasil inisiatif DPRD Sulut ini adalah yang pertama kalinya dilakukan oleh DPRD Sulut.


Perda ini dibahas selama 10 bulan oleh DPRD sebelum akhirnya ditetapkan. Dan sosialisasinya dilaksanakan sekarang ini, kata Liputo.


Perda ini, lanjutnya, Berisi aturan tentang berbagai aspek yang berkaitan dengan hak dan kewajiban penyandang disabilitas, seperti hak hidup, hak bebas dari stigma, pendidikan, dan politik.


Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menambahkan, ada 12 pertimbangan yang membuat Perda ini diterbitkan.


Foto : istimewa

Pemerhati disabilitas Zainal Usmani Dani, mengatakan bahwa pentingnya pendataan penyandang disabilitas. Bahwa harus diakui ada sejumlah keluarga yang tidak suka diketahui jika ada anggota keluarganya yang disabilitas.


Bahkan Ketua Pertuni Sulut Theodorus Poluan sangat mengapresiasi usaha pemerintah dan DPRD Sulut yang memperhatikan para penyandang disabilitas, dengan menerbitkan Perda ini.


Meski mengaku kecewa karena penyandang disabilitas tidak dilibatkan dalam proses pembahasan Perda ini.


Bahkan Pdt. Renald Tanamal, S.Th yang Mewakili Tuna Daksa dan merupakan mitra bakti dari Persatuan Tunanetra Indonesia (PERTUNI) Sulawesi Utara Menambahkan agar perda ini tidak hanya memperhatikan personal atau oknum Disabilitas saja melainkan anggota keluarga bagi mereka yang sudah menikah.


Sosialisasi ini diikuti oleh perwakilan masyarakat, tokoh agama, tokoh adat, dan perwakilan penyandang disabilitas. (Angsatanamal)

Tag:

35 tampilan0 komentar