Kabid P3LH Klarifikasi Sikap Aleg Beri Tanggapan Soal Amdal Sebelum berkordinasi Dengan DLH Pohuwato

.

Foto : Dokpri

GORONTALO - www.analisapost.com | Soal pemberitaan pedas dari Ketua Komisi II Rizal Pasuma mengenai Amdal PT IGL tentang pengembangan perkebunan Sawit ke Biomassa di Kabupaten Pohuwato, DLH Pohuwato melalui Kepala Bidang Penataan dan Perlindungan Pengelola Yustinata Buluatie mengklarifikasi kepada awak media. Dikantor DLH, pada hari Selasa 08.12.2021.


Menurut Yustinata perihal Regulasi analisis dampak lingkungan hidup (Amdal) PT IGL sebelumnya telah disinggung lewat pertemuan bersama di Pembahasan Anggaran DPRD Pohuwato.


"Waktu itu kami sudah pernah di tanyakan mengenai Amdal ini tetapi karena waktunya mepet pembahasan ditunda, arahan pimpinan rapat akan mengundang kembali kami dengan pihak perusahaan dalam hal ini IGL BTL", terangnya.



Foto : Dokpri

Jika mengacu pada konteks prosedur keputusan bersama lewat rapat, Yustinata menilai seharusnya statement anggota Aleg tersebut harus diawali Kajian RDP antara DLH Pohuwato dan pihak PT IGL.


"Setelah rapat itu kami koordinasi dengan pihak perusahaan dan beliau siap kapan saja, namun sampai saat ini kami belum mendapatkan undangan dari DPRD terkait rencana RDP yang akan dilaksanakan", imbuh Yustinata.


Selanjutnya, ia menekankan bahwa pemanfaatan Biomassa sebagai alternatif bahan bakar yang ramah lingkungan, dibandingkan dengan penggunaan batu bara.


"Jadi saya menyayangkan ada Media yang mengekspos tanpa didahului dengan RDP, karena pihak perusahaan Kooperatif mereka siap memaparkan kembali prosedur ataupun rencana pengembangan Biomassa di Pohuwato",(Zebal)

189 tampilan0 komentar