Kapolres Badung Kunjungi Tokoh Puri, Ciptakan Badung Sehat dan Kondusif

Badung, Analisa Post | Kepala Kepolisian Resor Badung AKBP Leo Dedy Defretes, SIK, SH, MH mengunjungi sejumlah tokoh agama, tokoh Adat maupun tokoh masyarakat, serta pemuka lainnya di Kabupaten Badung pada Jumat (27/8). Hal tersebut bertujuan untuk membahas situasi Harkamtibmas, tetap sehat, aman, dan kondusif.


Foto: Humas

Menurut Kapolres, peran para tokoh-tokoh sendiri dinilai sangat penting untuk menjaga situasi di Kabupaten Badung agar tetap kondusif. Apalagi dikala masa-masa pandemi Covid-19 seperti ini. Di mana masyarakat (para tokoh,red) diminta untuk berkerja sama dengan pemerintah setempat demi memutus wabah penyebaran Covid-19.


Seperti yang dilakukan pagi ini pukul 10.00 WITA di Puri Ageng Mengwi di Br. Lebah Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Pucuk pimpinan Polres Badung menjalin kemitraan dengan salah satu tokoh Penglingsir Puri Mengwi Anak Agung Gede Agung, SH yang juga sebagai DPD RI perwakilan Bali dalam menjaga situasi kamtibmas saat Pandemi Covid-19.


Foto: Humas

Di Tengah keakrabannya, Kapolres menjelaskan bahwa kunjungannya kali ini bertujuan mempererat tali silaturahmi kepada para tokoh. Khususnya, terhadap Penglingsir Puri Ageng Mengwi terkait dengan situasi di tengah wabah Covid -19.


Sementara itu, terkait dengan filosofi tata letak bangunan, mantan Bupati Badung itu menjelaskan lebih banyak menggunakan hurup awal dengan Tri. Misalnya, Tri Angga, Tri Mandala, Tri Kaya Parisuda, dan lainnya. "Kita juga di Polres Badung mengedepan kata Tri. Yakni Tanggap, Tanggon dan Trengginas sebagai motivasi kerja," Ujar mantan Kasat PJR Ditlantas Polda Bali.


Foto: Humas

Selanjutanya, pria lulusan Akpol 2002 ini meyakinkan bahwa budaya Bali yang Adi Luhung dibangun dari perjalanan budaya yang santun dan harmonis, bukan di bangun dari budaya kekerasan. Jika ada yang beranggapan bahwa situasi damai, rukun, dan harmonis diawali dari kekerasan, kapolres meminta pandangan seperti itu diredam.


Karena itu, Kapolres Badung meminta kepada para tokoh masyarakat untuk setidaknya dapat membantu pihak Kepolisian dalam menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) di masyarakat. Tujuannya menjaga situasi tetap sehat, aman, dan kondusif."Mari jaga Badung yang Adi Luhung, dengan santun, damai dan menyejukan," ujarnya yang didampingi Wakapolres Kompol I Gede Eka Putra Astawa, S.H., S.I.K. (Hms/Ced)

5 tampilan0 komentar