top of page

Kunjungi Surabaya Great Expo, Bupati Tabanan Optimis UMKM Tabanan Maju

Diperbarui: 20 Agu 2023

SURABAYA - analisapost.com | Bupati Tabanan Dr.I Komang Gede Sanjaya, SE,MM di dampingi Ny. Rai Wahyuni Sanjaya,S.H.,M.M juga sebagai Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Berkunjung ke Surabaya Great Expo, Sabtu (19/08/23) sore, meninjau pameran UMKM yang digelar di Grand City Mall Surabaya, Jawa Timur disambut oleh Budiono selaku Direktur PT. Debindo Mitra Tama dengan gembira. Hal ini sebagai bentuk dukungan untuk membangkitkan semangat membangun Bali.

Bupati Tabanan Dr.I Komang Gede Sanjaya, SE,MM di dampingi Ny. Rai Wahyuni Sanjaya,S.H.,M.M, Ketua Dekranasda disambut oleh Budiono Direktur PT. Debindo Mitra Tama
Bupati Tabanan Dr.I Komang Gede Sanjaya, SE,MM di dampingi Ny. Rai Wahyuni Sanjaya,S.H.,M.M, Ketua Dekranasda disambut oleh Budiono Direktur PT. Debindo Mitra Tama (Foto: Div)

Pameran yang diikuti oleh pelaku UMKM Tabanan khususnya bergerak di agrowisata, melalui Dinas Pariwisata tersebut untuk memotivasi dalam pengembangan usahanya dengan meningkatkan kompetensi khususnya strategi pemasaran agar terus berkarya dan berinovasi memberikan yang terbaik.


Menurut Bupati Sanjaya, keikutsertaan dalam Surabaya Great Expo sangat penting dalam membantu pertumbuhan perekonomian. Pihaknya optimis UMKM dari Kabupaten Tabanan akan menjadi maju.


"Pertama kali datang kesini dan melihat suasana kegiatannya, sangat luar biasa. Kami Pemerintah Kabupaten Tabanan, ikut serta meramaikan Surabaya Great Expo ke-12 yang dilaksanakan di Grand City Mall, salah satu wahana untuk mempromosikan hasil produk Kabupaten Tabanan Bali," ujarnya kepada awak media AnalisaPost saat di tanya terkait kehadirannya.


"Tujuannya adalah, apapun produk-produk unggulan yang ada di Kabupaten Tabanan, jika hanya masyarakat di tempat saja yang tau, tentu kurang bagus. Jika kita expose keluar dari daerah seperti sekarang di Surabaya, apalagi Surabaya adalah kota terbesar ke 2 di Indonesia, jadi potensi nya sangat luar biasa," jelasnya. Sebagai Bupati yang memiliki visi misi "Nangun Sat Kerthi Loka Bali" melalui pola pembangunan semesta berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM) ini selalu optimis bisa membangkitkan perekonomian di Kabupaten Tabanan.

Bupati Tabanan beserta jajarannya berkeliling melihat suasana Surabaya Great Expo
Bupati Tabanan beserta jajarannya berkeliling melihat suasana Surabaya Great Expo (Foto: Div)

"Kami bangga dan memberikan apresiasi karena yang menginisiator kegiatan ini adalah OPD Dinas Pariwisata melalui Prusda Dharma Santhika untuk selalu mendampingi para pelaku UMKM. Selain itu juga kami datang tujuannya untuk study tiru. Tidak hanya Tabanan saja, di Bali ada 9 Kabupaten Kota yang memiliki kearifan lokal yang berbeda. Jika ini saling berkolaborasi bertukar pengetahuan, bertukar produk alangkah baiknya ketika masyarakat Surabaya, berdarmawisata ke Tabanan. Mudah-mudahan apa yang baik disini, kami bisa meniru yang mana baik untuk Kabupaten Tabanan," imbuhnya.


Dalam kesempatan yang sama, juga disampaikan oleh Ketua Dekranasda, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya,S.H.,M.M. saat kunjungannya. "Kami juga sering melakukan pameran di JCC Jakarta, Kriya Nusa dll salah satu upaya kita untuk mengenalkan produk-produk pertanian Kabupaten Tabanan ke pangsa pasar yang lebih luas seperti di Surabaya. Ini merupakan kesempatan kami untuk mempromosikan produk-produk unggulan Kabupaten Tabanan untuk berkreasi dan berinovasi mencari dan melihat baik dari tampilan, disainnya, tata kelolanya, segala macam sehingga nanti bisa di ekspor ke luar negeri," ungkap Ny.Rai saat itu.


Wanita cantik yang ramah dengan siapapun terlihat juga mencoba beberapa pakaian. Istri orang nomor satu di Tabanan ini memuji hasil produksi pelaku lainnya saat mengunjungi setiap gerai UMKM dalam pameran itu dengan berbagai produk di Surabaya Great Expo.


Bupati mengunjungi satu per satu gerai sembari berbincang dengan para pelaku UMKM dengan ramah. Dia berharap para pelaku UMKM di Kabupaten Tabanan tetap semangat dalam berinovasi dan meningkatkan kualitas produk. Kabupaten Tabanan akan terus memberikan dukungan bagi pengembangan ekonomi di Kabupaten Tabanan.

Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, memuji hasil produksi pelaku lainnya saat mengunjungi setiap gerai UMKM dalam pameran
Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, memuji hasil produksi pelaku lainnya saat mengunjungi setiap gerai UMKM dalam pameran (Foto: Div)

"Harapan terbesar adalah bisa bertukar informasi dan salut dengan kegiatan ini," tutupnya mengakhiri.


Hadir secara langsung pada kesempatan tersebut jajaran Pemkab Tabanan Inpektur kab.Tabanan Drs. I Gst Ngurah Supanji,M.Si. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Dra. Gst Ayu Nyoman Supartiwi,M.Si kepala Bappeda diwakili Sekretaris Badan Ida Ayu Agung Windayani Kusumàharani,SE,MM, Kepala Dinas Pariwisata Anak Agung Ngurah Agung Satria Tenaya, S.Sos.M.Si,Kabag Umum I Nyoman Sastra Wibawa, SSTP, Mànager Pengèlola DTW Tanah Lot I wayan Sujana. (Dna/Che)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com dan Promosikan UMKM Anda dengan beriklan di AnalisaPost kami siap membantu.

Comments


bottom of page