Mahasiswa STP Satya Widya Lakukan Diversifikasi Produk Olahan susu

Diperbarui: 30 Mei

TULUNGAGUNG - analisapost.com | Pengabdian kepada masyarakan (PKM) menjadi salah satu dari tugas utama perguruan tinggi dalam rangkaian Tri Dharma Perguruan Tinggi. PKM dirancang untuk memberikan kontribusi nyata bagi bangsa indonesia khususnya dalam mengembangkan kesejaterahan masyarakat. Sabtu (28/05/22)

Pengabdian kepada masyarakan (PKM) menjadi salah satu dari tugas utama perguruan tinggi dalam rangkaian Tri Dharma Perguruan Tinggi (Foto: Div)

Salah satu program yang di lakukan oleh Sekolah Tinggi (STP) Satya Widya adalah diservikasi produk olahan berbahan susu. Dimana mahasiswa diharapkan mampu untuk berkarya dan berkreativitas setelah lulus dari bangku kuliah.


Dimana diketahui susu merupakan bahan pangan hasil lemak yang mempunyai nilai gizi. Berdasarkan kandungan zat gizi yang lengkap dan seimbang. Susu bukan saja cocok untuk bayi dan anak-anak, tetapi juga bermanfaat untuk orang dewasa.


Apalagi saat ini banyak susu segar yang menawarkan beragam rasa, seperti choco milk, stroberry milk dll seluruh rangkaian produk tanpa mengubah kandungan susu segar, tetap mempersembahkan kualitas terbaik.

Dengan melakukan diservikasi produk olahan susu sapi menjadi yoghurt atau minuman lain, memiliki nilai jual yang lebih tinggi dan umur simpan yang relatif lebih lama sehingga dapat meningkatkan perekonomian.


Pada proses diservikasi produk ini ada enam tahapan agar proses ini bisa berjalan yaitu, identifikasi, pengorganisasian, penyuluhan, pelatihan, pendampingan manajemen usaha, strategi pemasaran, program aksi, dan evaluasi.


Setelah semua rangkaian tahapan dilakukan dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pendapatan dari penjualan, pengetahuan terkait dengan laporan ruli laba bisa dilakukan secara langsung.

Program pembangunan kerja nyata pada masyarakat dengan target lokasi disebuah desa wisata Cowindo, Tulungagung yang memenuhi kreteria untuk menjadi sebuah tempat pelatihan.


Program ini diharapkan dapat disajikan menjadi media pembelajaran dan kepedulian dalam permasalahan masyarakat pedesaan dan peningkatan kesejaterahan.


Dengan diadakannya pelatihan oleh mahasiswa-mahasiswi telah melakukan berbagai kontribusi dalam pengembangan masyarakat, baik dalam bentuk loka karya, pelatihan dan konsultasi untuk masyarakat dengan berbagai mitra diharapkan benar-benar bisa bermanfaat.(Dna/Che)



#STPSatyaWidya #Tulungagung #Diservikasi #WisataCowindo

2.002 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua