top of page

Mahasiswa UPN Buat Terobosan Baru Rancangan Aplikasi Greens 4 Life

SURABAYA - analisapost.com | Dua Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur yakni Wahyu Pratama Andhika M (23082010015) dan Aditya Herumurti Wijaksono (23082010031) Fakultas Ilmu Komputer prodi Sistem Informasi yang tergabung dalam tugas final mata kuliah Pengetahuan Bisnis dengan Dosen pengampu mata kuliah Pengetahuan Bisnis, Seftin Fitri Ana Wati,S.Kom,M.Kom menciptakan inovasi baru yakni 'Greens 4 Life'.

Terobosan Baru Rancangan Aplikasi Greens 4 Life
Terobosan Baru Rancangan Aplikasi Greens 4 Life (Sumber: AnalisaPost)

Greens 4 Life merupakan terobosan dimana rancangan platform teknologi berbasis mobile/aplikasi yang dibuat untuk memfasilitasi transaksi jual beli sayuran organik dan peralatan berkebun secara efisien, dengan memanfaatkan informasi lokasi penjual yang berdekatan dengan pembeli.


"Melalu berbagai fitur yang dirancang, aplikasi ini memberikan beberapa penawaran dan kemudahan bertransaksi dengan memiliki dua aspek utama dalam ruang lingkup tujuannya, yaitu jual beli sayur organik dan peralatan berkebun," ujar Wahyu.


Pertama, dalam konteks jual beli sayur organik, aplikasi ini menyajikan sebuah platform yang menghubungkan para petani atau penjual sayur organik dengan konsumen yang mencari produk tersebut. Penjual dapat dengan mudah memasukkan informasi produk, harga, dan lokasi mereka, sementara pembeli dapat menjelajahi berbagai pilihan dan melakukan pembelian sesuai dengan kebutuhan mereka, tidak hanya fokus pada sayuran organik, tetapi juga memperluas cakupannya ke dalam dunia berkebun," jelasnya.


Sementara Aditya menambahkan bahwa aplikasi ini menyediakan platform untuk jual beli peralatan berkebun, mencakup segala macam kebutuhan seperti pot, pupuk organik, alat pengairan, hingga benih tanaman.


"Rancangan fitur memberikan peluang bagi penjual peralatan berkebun di sekitar untuk meningkatkan visibilitas dan penjualan mereka, serta memperkuat potensi pasar dari penjualan alat-alat berkebun terkhusus bagi penjual disekitar yang memproduksi atau menjual barang jadi," tutur Aditya Herumurti Wijaksono kepada awak media AnalisaPost, Rabu (19/12/23).


Menurutnya dengan memanfaatkan fitur GPS, aplikasi ini dapat menentukan lokasi pembeli dan menampilkan penjual terdekat. Hal ini tidak hanya memastikan ketersediaan produk lokal tetapi juga mengurangi dampak lingkungan yang dihasilkan dari transportasi jarak jauh. Dengan demikian, aplikasi ini tidak hanya menciptakan konektivitas antara penjual dan konsumen, tetapi juga berkontribusi positif terhadap keberlanjutan lingkungan. Selain itu, aplikasi ini juga menjadi solusi.

Wahyu Pratama Andhika M dan Aditya Herumurti Wijaksono Fakultas Ilmu Komputer prodi Sistem Informasi
Wahyu Pratama Andhika M dan Aditya Herumurti Wijaksono Fakultas Ilmu Komputer prodi Sistem Informasi (Foto: Div)

Di tempat terpisah, Dosen pengampu mata kuliah Pengetahuan Bisnis, Seftin Fitri Ana Wati,S.Kom,M.Kom, menyampaikan kepada awak media bahwa ,"saya selaku dosen pengampu mata kuliah pengetahuan bisnis, awal mula saya brainstorming para mahasiswa untuk bagaimana kita dapat menciptakan sebuah ide inovasi bisnis teknologi. Akhirnya Wahyu dan Aditya mereka berhasil menciptakan ide inovasi untuk membantu atau mendukung para petani melalui Aplikasi Jual Beli Sayur dan Peralatan Berkebun (GREENS 4 LIFE)," tuturnya.


Menurutnya meningkatkan kesadaran akan pentingnya berkebun di kalangan masyarakat dapat menciptakan komunitas berkebun yang lebih besar dan mendukung gaya hidup yang lebih sehat.


"Tentunya Kesuksesan aplikasi semacam ini juga mencerminkan potensi pemberdayaan ekonomi digital, di mana teknologi digunakan untuk memajukan sektor pertanian. Berharap dengan adanya ide dari Wahyu dan Aditya ini tidak berhenti sampai disini, namun bisa sampai pada implementasi guna mendukung keberlanjutan petani masa kini," tutupnya mengakhiri. (Dna/Che)


Dapatkan berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari dan ikuti berita terbaru analisapost.com di Google News klik link ini jangan lupa di follow.

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page