top of page

Mendengar Langsung: Kompol Ferdinand Runtu Berbagi Tips Mudik Aman dalam Dialog Interaktif

MANADO - analisapost.com | Direktur Lalu Lintas Polda Sulut, Kompol Ferdinand Runtu, bersama dengan Kabag Bin Ops Ditlantas, Ipda Viska Wawo, memberikan tips aman kepada masyarakat dalam melaksanakan mudik lebaran tahun 2024. Tips tersebut disampaikan dalam acara Dialog Interaktif di Studio RRI Manado pada Rabu (3/4/24) pagi.

Kompol Ferdinand Runtu Berbagi Tips Mudik Aman dalam Dialog Interaktif
Kompol Ferdinand Runtu Berbagi Tips Mudik Aman dalam Dialog Interaktif (Foto: istimewa)

Kompol Runtu menggarisbawahi, ia menekankan pentingnya kesiapan fisik dan kesehatan baik bagi pengemudi maupun penumpang. Menurutnya, kesehatan adalah faktor kunci dalam perjalanan jauh.


"Ada tiga hal yang penting untuk diperhatikan saat melakukan mudik. Pertama, harus siap diri, apakah itu pengemudi maupun penumpang. Jadi intinya harus jaga kesehatan. Kedua kendaraan yang akan digunakan harus betul-betul dipersiapkan dengan baik, cek perlengkapannya sepeti mesin, ban, rem, radiator apakah kendaraan kita layak jalan atau tidak," kata Kompol Runtu.


Dia mengingatkan para pendengar untuk memeriksa segala perlengkapan kendaraan, mulai dari mesin hingga rem, dan memastikan kendaraan layak untuk digunakan di jalan.


Tidak hanya itu, kelengkapan dokumen kendaraan dan pengendara juga menjadi perhatian utama. Dokumen seperti STNK dan SIM harus selalu dibawa dan diperiksa sebelum melakukan perjalanan.


Di samping itu, Kompol Runtu juga menyinggung tentang pentingnya patuh dan disiplin dalam berlalu lintas. Ia menekankan agar semua pengguna jalan patuh pada rambu lalu lintas dan selalu memprioritaskan keselamatan.


Selain memberikan tips mudik, Kompol Runtu juga menyampaikan informasi terkait Operasi Ketupat Samrat yang tengah dilaksanakan oleh Polda Sulut. Dalam operasi tersebut, telah disiapkan pos-pos terpadu, pos pengamanan, dan pos pelayanan untuk para pemudik sebagai tempat istirahat jika diperlukan.


Acara Dialog Interaktif ini menjadi wadah bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi yang berguna terkait keselamatan berkendara dan pengamanan perayaan Idul Fitri tahun 2024.(Onal)

40 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page