Pelantikan 73 Insinyur Baru Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala
top of page

Pelantikan 73 Insinyur Baru Fakultas Teknik Universitas Katolik Widya Mandala

SURABAYA - analisapost.com | Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) melantik 73 insinyur dari Program Profesi Insinyur yang diselenggarakan Fakultas Teknik pada hari Sabtu (30/9/23) di Auditorium Widya Mandala (Widya Mandala Hall) Lt 2 Universitas Katolik Widya Mandala Jl. Kalisari Selatan 1, Pakuwon City Surabaya.

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) melantik 73 insinyur  Fakultas Teknik
Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) melantik 73 insinyur Fakultas Teknik (Foto: Div)

Kegiatan yang dibuka dengan doa sebagai ucapan puji syukur atas diselenggarakannya pelantikan, dilanjutkan menyanyikan lagu Indonesia Raya, diikuti menyanyikan Hymne Widya Mandala dan menyanyikan Hymne Persatuan Insinyur Indonesia.


Usai menyanyikan Hyme, pembacaan Surat Keputusan Dekan tentang Penetapan Insiyur UKWMS angkatan 2022/2023 diikuti 73 peserta dengan proses pelantikan dilakukan oleh Prof.Ir.Felycia Edi Soetaredjo,S.T.,M.Phil.,Ph.D.,IPU.,ASEAN.Eng. dan pengambilan sumpah Insinyur oleh Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia yang diwakilkan Sekretaris Jendral Persatuan Indonesia oleh: Ir. Bambang Goeritno, M.Sc.,MPA.,IPU


Prosesi pelantikan ditandai dengan penyerahan sertifikat dan penyematan atribut berupa helm insinyur oleh rektor sebagai tanda awal perjalanan, peserta pelantikan sebagai seorang insiyur dan resmi menyandang gelar insiyur (ir.) di depan nama mereka.


“Saya ucapkan selamat kepada insinyur yang pada hari ini dilantik,” ucap Prof.Ir.Felycia Edi Soetaredjo,S.T.,M.Phil.,Ph.D.,IPU.,ASEAN.Eng.


Dekan Teknik Prof.Ir.Felycia Edi Soetaredjo,S.T.,M.Phil.,Ph.D.,IPU.,ASEAN.Eng dalam sambutannya mengatakan capaian gelar insinyur semakin meningkatkan profesionalisme. Ia menjelaskan, pendidikan profesi sendiri merupakan bagian dari mata rantai nilai keinsinyuran dalam peta jalan menuju profesi yang diakui di tingkat dunia

Prosesi pelantikan ditandai dengan penyerahan sertifikat dan penyematan atribut
Prosesi pelantikan ditandai dengan penyerahan sertifikat dan penyematan atribut (Foto: Div)

Insinyur yang dilantik merupakan lulusan program Profesi Insinyur periode kedua tahun 2022-2023 dengan mahasiswa yang menempuh reguler sebanyak 2 orang, mahasiswa melalui jalur RPL 71 Orang, Mahasiswa yang memiliki kartu tanda anggota PII, 47 orang, Mahasiswa yang memperoleh sertifikat insinyur profesional 17 orang, mahasiswa yang telah mempunyai tanda prestasi insinyur SPSI 14 orang, total yang lulus 151 mahasiswa.


Sementara, perwakilan Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia (PII) memberikan sambutan di hadapan pada insinyur baru. Sekretaris Jenderal PII,Ir. Bambang Goeritno, M.Sc.,MPA.,IPU berpesan agar para insinyur memegang teguh sumpah yang telah diikrarkan dan tetap amanah, persisten, serta konsisten menjunjung profesionalitas.


Para insinyur diharapkan dapat terus belajar untuk menimba pengetahuan dan memupuk pengalaman demi terjaganya kompetensi keinsinyuran yang dimiliki setiap individu, bahkan berupaya meningkatkan kapasitas keinsinyuran masing-masing.


“Saya percaya ini adalah momen yang penting dan bersejarah. Tentu saja bukan hanya berhak menyematkan gelar insinyur, tetapi ini sebuah kebanggaan dan penting dalam perjalanan karier seorang insinyur,” tutur Bambang Guritno.

Foto bersama usai pelantikan  insinyur baru
Foto bersama usai pelantikan insinyur baru (Foto: Div)

Dr.Ir.Ivan Gunawan,S.T.,M.MT.,CSCM., IPM., ASEAN Eng. sebagai kaprodi profesi insinyur juga turut memberikan apresiasi kepada UKWMS yang telah secara konsisten menyelenggarakan program profesi insinyur.


"Saya mengajak insinyur Indonesia agar tidak ketinggalan, mempersenjatai diri dengan kompetensi yang relevan dengan situasi dan kondisi. Keinsinyuran memainkan peran yang penting dalam mengarahkan peradaban di sepanjang sejarah," ungkapnya.


Dalam kesempatan yang sama mewakili insiyur baru, Ir. Galih Setyo Aji, S.PWK, pada pesan dan kesan mengatakan capaian gelar insiyur semakin meningkatkan dirinya sebagai insinyur teknik periode I tahun 2023 dari lulusan profesi.


"Kami akan lebih profesional ikut membangun sumber daya manusia secara berkelanjutan," tutupnya mengakhiri.(Dna/Che)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

bottom of page