Pelawak Legendaris Almarhum Eko Londo Dapat Penghargaan
top of page

Pelawak Legendaris Almarhum Eko Londo Dapat Penghargaan

SURABAYA - analisapost.com | Surabaya sebagai Kota Pahlawan ternyata banyak melahirkan seniman atau pelawak. Terbukti para komedian Srimulat sebelum hijrah ke Jakarta pastinya akan di tempa terlebih dahulu di Surabaya.

Walikota Surabaya beserta Istri memberi penghargaan kepada Eko Londo
Walikota Surabaya beserta Istri memberi penghargaan kepada Eko Londo (Foto: Charles)

Para pelawak tersebut yang sukses di Ibu Kota antara lain: Nunung, Tessy, Polo termasuk Eko Londo. Maka dari itu Pemkot Surabaya memberi penghargaan kepada Eko Londo yang sebelumnya kerap disapa Eko Tralala.


Untuk mengenang beliau Pemkot Surabaya mengundang keluarga besar almarhum lewat acara ‘A Night to Remember Tribute to Eko Londo’. Penghargaan tersebut langsung diberikan Walikota Eri Cahyadi beserta istri Rini Indrayani.


Dalam acara tersebut nampak hadir sahabat hingga rekan pelawak termasuk masyarakat Surabaya. Terlihat Cak Suro masih menyimpan kesedihan mendalam karena tidak menyangka secepat itu.


Pelawak legendaris Surabaya yang juga anggota grup Srimulat Eko Tralala atau Eko Londo meninggal dunia pada Jumat tanggal 24 November 2023 setelah dirawat hampir satu bulan lebih secara intensif di ICU RSU dr Soetomo.


"Saya ketemu Cak Eko lupa tahunnya cuma kala itu diajak mas Mamik Prakoso untuk membuat sketsa pertama kalinya mengenai komedi yang diadakan di Ngawi. Sewaktu Eko bersama George Sapulete merupakan pelawak asli Surabaya sempat sedikit sombong melihat saya sebagai junior.


Berhubung saya yang buat naskah akhirnya namanya tidak saya masukan. Akibatnya timbul pertanyaan kok satu dua hari tidak pernah diajak shooting lalu bertanya ke Mas Mimik,"kapan saya shooting jawab simple tanya Cak Suro sembari ketawa,"kenangnya.

Keluarga Besar Eko Londo menerima penghargaan dari Walikota Eri Cahyadi,(Foto:Charles)

Ucapan bela sungkawa berikut testimoni mengenai pria yang bernama asli Eko Untoro Kurniawan disampaikan melalui tayangan video. Adapun para seniman turut menyampaikan diantaranya Nunung, Kadir, Sule, Tesi hingga Polo. Mereka rata-rata mengatakan mas Eko Londo berparas Belanda itu orangnya baik.


Kesempatan ini Eri Cahyadi meminta meminta doa kepada seluruh warga Kota Pahlawan untuk almarhum Cak Eko Londo. Dia berharap, amal dan ibadah almarhum diterima di sisi Tuhan Yang Maha Esa serta keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran.


Pemkot Surabaya berterima kasih atas perjuangan Cak Eko Londo yang tidak pernah lelah untuk memunculkan, membawa nama harum Kota Surabaya melalui seni Srimulatnya.


Sedangkan Eri Cahyadi mengatakan," jangan pernah berhenti Cak Suro dan teman - teman untuk berkarya sebagai bukti dan pertanda kita menghormat Cak Eko Londo,"ujarnya.(Che)


Dapatkan berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari dan ikuti berita terbaru analisapost.com di Google News klik link ini jangan lupa di follow.

638 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page