top of page

Peringatan Hari Wayang, FPK apresiasi Dalang Cilik Berprestasi

MOJOKERTO - analisapost.com | Meski terlambat beberapa hari, Forum Pamong Kebudayaan (FPK) Jawa Timur hari ini, Minggu 12 November 2023 menyerahkan piagam penghargaan berbahasa Jawa kepada Dalang Cilik Terbaik Jawa Timur 2023 Pasa Rakha Syailendra (10) di kediamannya Desa Banyulegi Kecamatan Dawarblandong Mojokerto.

Pasa Rakha Syailendra (10) dalang cilik dari Mojokerto
Pasa Rakha Syailendra (10) dalang cilik dari Mojokerto (Foto: Istimewa)

Didampingi Didik sang ayah yang juga berprofesi sebagai dalang Pasa yang lebih suka dipanggil Sarijo, menerima piagam dengan wajah sumringah dengan senyum khas anak-anak.


Kepada wartawan, Didik menceritakan jika putranya baru saja menyenangi wayang, namun belum sampai satu tahun, putranya mengikuti Festival Dalang Bocah dan berhasil meraih predikat Dalang Cilik Terbaik Jawa Timur 2023.


"Alhamdulillah meski belum 1 tahun menyukai dan mau belajar mendalang, Sarijo berhasil menyabet gelar Dalang Terbaik" ujarnya.


Sementara itu Ki Bagong Sabdo Sinukarto ketua FPK Jawa Timur mengkritisi pelaksanaan Festival Dalang Cilik yang tidak berjenjang sehingga juara ditingkat Propinsi belum tentu bisa berlaga di tingkat nasional, dampaknya peserta yang ikut berlaga di tingkat nasional belum tentu lebih baik dari peserta tingkat regional, sebaliknya bisa juga peserta tingkat regional kuwalitasnya lebih bagus dari peserta yang ikut ditingkat nasional.

Ki Bagong Sabdo Sinukarto ketua FPK Jawa Timur (Kanan no 2)
Ki Bagong Sabdo Sinukarto ketua FPK Jawa Timur (Kanan no 2) (Foto: Istimewa)

Bagong berharap sistem jenjang akan lebih bagus dan akan menghasilkan juara yang benar-benar berbobot, karena sebelum berlaga di tingkat nasional sudah terseleksi di tingkat Propinsi.


"Akan lebih bagus jika peserta tingkat nasional diambil dari juara seleksi tingkat propinsi" pungkasnya.(*)

736 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page