Polresta Sidoarjo Masifkan Vaksinasi Serentak di Pesantren dan Rumah Ibadah
top of page

Polresta Sidoarjo Masifkan Vaksinasi Serentak di Pesantren dan Rumah Ibadah

Sidoarjo, Analisa Post | Presiden RI Joko Widodo resmi membuka Vaksinasi Merdeka untuk Pondok Pesantren dan Rumah Ibadah se-Indonesia pada Selasa (7/9). Karena itu, Vaksinasi Merdeka serentak di ponpes dan rumah ibadah terus dimasifkan ke seluruh Indonesia.


Foto: Bertus

Program ini bertujuan mempercepat terbentuknya herd immunity bagi masyarakat di tengah dimulainya pendidikan dan ibadah tatap muka. Karena itu, Polresta Sidoarjo bersama TNI dan pihak terkait terus melakukan percepatan vaksinasi serentak di pesantren dan rumah ibadah.


Kegiatan vaksinasi merdeka serentak di pondok pesantren dan rumah ibadah dipantau langsung Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Kusumo Wahyu Bintoro bersama Pejabat Utama Polresta Sidoarjo, jajaran Kodim 0816 Sidoarjo, Puskesmas dan Forkopimka Sidoarjo. Kegiatan itu berlangsung di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’alimat III Al Machfudzoh, Kedungcakring, Jabon, Sidoarjo. Bahkan, vaksinasi juga diadakan di Klenteng TITD Tjong Hok Kiong, Sidoarjo.


Foto: Bertus

Terkait dengan hal ini, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Kusumo Wahyu Bintoro menjelaskan, gerakan masif vaksinasi serentak yang dicanangkan Presiden RI Joko Widodo ini adalah upaya untuk mempercepat dalam memutus mata rantai Covid-19 dan membentuk herd immunity bagi masyarakat.


Kali ini, vaksinasi adalah menyasar terhadap pondok pesantren dan rumah ibadah. Sebabm pendidikan maupun ibadah tatap muka sekarang sudah dimulai di berbagai wilayah, termasuk di Kabupaten Sidoarjo.


”Kami sekarang ini melaksanakan Vaksinasi Merdeka serentak di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’alimat III Al Machfudzoh, Kedungcakring, Jabon. Kami telah juga sediakan 500 Dosis Vaksin. Untuk di Klenteng TITD Tjong Hok Kiong Sidoarjo 1juga disediakan 500 dosis vaksin. Kegiatan ini juga akan terus diadakan di pondok pesantren maupun rumah ibadah lainnya,” tutur Kusumo Wahyu Bintoro.


Foto: Bertus

Kapolresta Sidoarjo menghimbau masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, pihaknya mengapresiasi animo masyarakat begitu tinggi dalam kegiatan vaksinasi serentak ini.


Menurut dia, bukan hanya pengurus pondok pesantren dan rumah ibadah saja yang berduyun-duyun untuk mendapatkan vaksin. Bahkan, banyak juga dari kalangan santri, murid hingga masyarakat sekitar ponpes dan di tempat ibadah datang di vaksin.


Karena itu, pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Muta’alimat III Al Machfudzoh KH. Mohammad Zamroni menyambut baik adanya kegiatan vaksinasi di pondok pesantren dan rumah ibadah ini. ”Wabah Covid-19 harus ditangani bersama-sama. Termasuk dari kami di kalangan pesantren yang kini turut mendukung percepatan vaksinasi sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19,” ungkapnya.


Bahkan, pengurus Klenteng TITD Tjong Hok Kiong Sidoarjo Willy Sandi pun menyambut baik hal program ini. Dengan kegiatan di lakukan di rumah ibadah klenteng ini, semua harus sudah divaksin.


Dengan demikian, kekebalan komunal bagi masyarakat yang datang ketempat klenteng tersebut dapat terbentuk herd immunity. Itu juga dapat mencegah penyebaran Covid-19," pungkas Willy Sandi. (BERTUS/Ced).

1 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page