PPNS Beri Pelatihan Desain Kapal Pada Karyawan Galangan Kapal di Banyuwangi
top of page

PPNS Beri Pelatihan Desain Kapal Pada Karyawan Galangan Kapal di Banyuwangi

BANYUWANGI - analisapost.com | Perkembangan industri galangan kapal dalam negeri terus menggeliat. Kemampuannya dalam memproduksi kapal pun tak kalah dibandingkan dengan perusahaan asing dengan standar dan teknologi yang terbilang cukup tinggi.

Ir. Gaguk Suhardjito, M.M sebagai pemateri yang merupakan tenaga ahli dibidang perkapalan PPNS memberikan materi teknik inovasi desain kapal dengan soft ware maxsurf.
Ir. Gaguk Suhardjito, M.M sebagai pemateri yang merupakan tenaga ahli dibidang perkapalan PPNS memberikan materi teknik inovasi desain kapal dengan soft ware maxsurf. (Foto Sumber PPNS)

Hal inilah yang menjadikan alasan Tim Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) berikan"Pelatihan Desain Kapal" diikuti oleh karyawan salah satu galangan Kapal di Banyuwangi, Minggu (28/08/23) di kampus PPNS bekerjasama dengan mitra yaitu PT Blambangan Raya Perkasa Banyuwangi.


Dimana Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang saat ini dapat dikatakan sebagai satu-satunya Institusi Pendidikan Tinggi Vokasi Negeri yang memfokuskan diri pada bidang ilmu perkapalan dan industri penunjangnya semakin nyata membumikan inovasi yang dikembangkan.


PPNS sebagai satu-satunya institusi Pendidikan Tinggi Avokasi Negeri yang memfokuskan diri pada bidang ilmu perkapalan dan industri penunjangnya semakin nyata membumikan inovasi yang dikembangkan.

Disain Kapal
Disain Kapal (Sumber PPNS)

Hal ini juga disampaikan Direktur PT Blambangan Raya Perkasa Banyuwangi, Hafez Haris Ariya Suryadi, S. ST.,"Kami menyadari betul kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) para karyawannya perlu tetap ditingkatkan dan dijaga konsistensinya," ujarnya.


Bak gayung bersambut pemikiran tersebut mampu direspons oleh Tim Pengabdian Kepada masyarakat PPNS dengan melaksanakan kerjasama kemitraan untuk mewujudkan hal tersebut sehingga PT Blambangan Raya Perkaya Mempercayakan pelatihan untuk memberikan penyegaran dan update pengetahuan karyawannya kepada Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang dilatarbelakangi reputasi PPNS sebagai salah satu perguruan tinggi vokasi yang sudah banyak memberikan kontribusi lulusan pada dunia industri perkapalan.


Sementara Denny Oktavina Radianto, S.Pd., M.Pd. sebagai Ketua Tim Pegabdian Kepada Masyarakat mengatakan bahwa," pentingnya pemanfaatan teknologi dalam proses merancang kapal diharapkan kiprah nyata Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya untuk berkontribusi dalam pengembangan dunia industri maritim perkapalan Indonesia dapat direalisasikan," terangnya.


Menurutnya dengan adanya pelatihan-pelatihan serupa maka semakin banyak dunia industri perkapalan yang sadar dan berupaya untuk mejaga kualitas dan meningkatkan kinerja karyawan dengan penyelenggaraan pelatihan bersama Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.


"Hal tersebut sangat rasional apabila melihat realita dunia kerja industri perkapalan nasional ditengah kerasnya persaingan usaha umumnya para pekerja hanya berfokus pada penyelesaian kewajiban kerja dan minim usaha untuk meningkatkan kualitas diri dengan belajar. Oleh karena itu penting rasanya bagi dunia industri untuk memotivasi dan bahkan mengalokasikan waktu bagi para pekerjanya untuk mengembangkan keterampilan," pungkasnya.

Foto bersama usai pelatihan
Foto bersama usai pelatihan (Foto sumber PPNS)

Sementara Ir. Gaguk Suhardjito, M.M sebagai pemateri yang merupakan tenaga ahli dibidang perkapalan PPNS memberikan materi teknik inovasi desain kapal dengan soft ware maxsurf. Dimana dalam proses desain diawali terlebih dahulu mencari data kapal pembanding untuk dilakukan regresi linier agar mendapatkan ukuran utama kapal yang akan dirancang.


Kemudian dalam pembuatan model kapal dibuat dan dimasukan kedalam sofwere Maxsurf Modeller. Setelah pemodelan kapal selesai, untuk menyajikan hasil rencana garis kapal digunakan sofware AutoCard sehingga memudahkan pengerajin kapal dalam membaca gambar kapal rancangan.


Usai kegiatan, ketua tim Pengabdian kepada masyarakat dan pemateri didampingi oleh para peserta melaksanakan foto bersama.(Red)


Dapatkan berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari dan ikuti berita terbaru analisapost.com di Google News klik link ini jangan lupa di follow.

168 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page