Puluhan Relawan Ganjar Jatim bersinergi di Rumah Bersama Pelayan Rakyat
top of page

Puluhan Relawan Ganjar Jatim bersinergi di Rumah Bersama Pelayan Rakyat

SURABAYA - analisapost.com | Dinamika menjelang Pilpres 2024 di Jawa Timur semakin menarik. Rabu malam, 17 Mei 2023 bertempat di Caffe Shop Elmi Hotel Jl. Panglima Sudirman 42-44 Surabaya, Puluhan organisasi Relawan Jokowi yang saat ini mendukung Ganjar Pranowo atau Relawan Ganjar Pranowo mengadakan pertemuan dan konsolidasi. Mereka berkoordinasi guna membahas strategi dan pemenangan Ganjar khusus nya di Jawa Timur.

Puluhan organisasi Relawan Jokowi yang saat ini mendukung Ganjar Pranowo
Puluhan organisasi Relawan Jokowi yang saat ini mendukung Ganjar Pranowo (Foto: Radit)

Daftar yang diperoleh dari panitia, setidaknya tercatat 40 elemen/organ relawan yang menyatakan hadir pada pertemuan tersebut, diantaranya GP Link, FORMASSI (DPD Jatim), SEKNAS JOKOWI, RDAG, RGP RI, KBRS, Super Woman, Padi Kapas Nusantara, GPGP, KAPT, Kancane Ganjar, Sapa Indonesia, Pospera, Sergap, FOREDER, Millenial Cerdas, PROGO, SGI (Seknas Ganjar Indonesia), KNPP-GP, MPG Jatim, LGP, Gapura Ganjar Nusantara, Latar Nusantara, PROJO, Gapura Ganjar Lamongan, Laskar Nusantara, BPD Lanusa Jatim, Ganjaris Harmoni SDA, Relawan Ganjar Bersatu, LASBANRA, Banteng Krembangan, BGR Perjuangan, GERITAS, KAA ITS, KGBN, JLN PRO GANJAR, GARANGAN, KBRP Perjuangan, AGP, PNTB.


Ermawan Wibosono (KAPT) yang membuka pembicaraan menyatakan bahwa berdasarkan DPS 2024, Pilpres di Jatim terdapat sekitar 36 juta pemilih, berarti ada kenaikan sekitar 5 juta pemilih dibandingkan tahun 2019 dengan jumlah pemilih pemula naik 30 persen. Untuk itu diperlukan koordinasi dan strategi bersama serta upaya gotong royong dan bergandeng tangan bagi para relawan untuk bisa memenangkan suara Ganjar 65,7-70 persen.


“Bagaimana caranya, perlu strategi pemenangan. Semua organ mempunyai potensi yang bisa didayagunakan untuk gerak bersama. Misalkan dari KAPT memberikan brief-brief kampanye sebagai output dari analisa data yang selalu diupdate dengan berbagai instrument yang ada. Setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda, kita bisa mementakannya sehingga metodenya bisa lebih spesifik dan upaya memperbanyak pemilih Ganjar dapat dicapai. Ini satu contoh saja dari potensi yang ada di organ relawan yang akan lebih bermanfaat dan berdampak apabila saling kita sinergikan” Jelas Ermawan.

“Kebanyakan yang hadir adalah para relawan Jokowi pada 2019 yang mana kita telah banyak berinteraksi. Mari kita terus bersinergi, seperti 2019 dulu. Kita turun bareng-bareng, melakukan kegiatan bersama. Ada Rumah Bersama Pelayan Rakyat (RBPR). Kita sinergi untuk bekerja bersama-sama, melayani rakyat dan juga meyakinkan mereka bahwa ganjar pranowo adalah pilihan tepat untuk Presiden RI.” Pungkas Ermawan.


Cak Wibi (Seknas Jokowi) selaku moderator dalam pertemuan tesebut menjelaskan bahwa forum berjalan hangat dengan banyak masukan dan berbagai cerita dari para relawan yang kebanyakan sudah bergerak pada pilpres sebelumnya. Berbagai pengalaman yang disampaikan menjadi catatan bersama yang memperkaya semua peserta dalam brsinergi membangun komunikasi yang instens guna pemenangan Ganjar di Jatim dengan target 70 persen.

Beberapa hal yang disepakati bersama sebagai hasil dari pertemuan tersebut diantaranya :

Pertama, segera dibentuk Posko atau Sekretariat Bersama sebagai wahana untuk koordinasi dan sinergi bagi seluruh organ/elemen relawan di Jawa Timur.

Kedua, mengefektifkan sosialisasi dan kampanya pemenangan Ganjar Pranowo melalui microtargeting, yakni target lebih spesifik melalui data yang dipasok oleh kawan-kawan KAPT.


Ketiga, pembentukan Posko atau Sekretariat Bersama untuk mengakomodir dan melayani wilayah Tapal Kuda, Mataraman, Madura, Malang Raya dan Kawasan sekitar Tuban.

Keempat, perlunya pendaftaran Organ Relawan ke KPU sebgai legalisasi elemen relawan sehingga tidak menjadi kendala saat bergerak di masa kampanya yang akan datang.

Lebih lanjut Wibi menjelaskan bahwa untuk Sekber/Posko Rumah Bersama Pelayan Rakyat (RBPR) untuk Jatim dan Surabaya akan ditempatkan di Jl. Tidar 130 dan Gedung ex. Sinar Supermarket Darmo, dan rencananya akan dilaunching pad 1 Juni 2023 bertepatan dengan hari kelahiran Pancasila. Sedangkan untuk daerah setidaknya akan dibentuk Sekber di Tapal kuda (Banyuwangi), Mataraman (Ponorogo), Madura (Pamekasan), Malang Raya (Malang) dan Tuban.


Sedangkan untuk koordinasi masalah detailing APK, klue kampanye / fokus issue, Buku Saku Pemenangan dan sebagianya akan bisa dikoordinasikan lebih lanjut setelah Sekber RBPR dibentuk. Dengan demikian relawan akan bekerja optimal dan fokus pada pemenangan Ganjar Pranowo sebagai Presiden. Target pemilih fix 70 persen dapat dicapai melalui sinergi di sekber Rumah Bersama Pelayan Rakyat. “ pungkas Wibi.(Ist)

64 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page