top of page

Rayakan Kemerdekaan Ke-78, Pengurus Jalapati Ajak Anak Lomba Gambar dan Mewarnai

SURABAYA - analisapost.com | Sejumlah anak mulai dari Paud, TK dan SD mengikuti lomba menggambar dan mewarnai yang diselenggarakan oleh Jalasena Putra Cakti (Jalapati) merupakan organisasi perkumpulan putra-putri TNI AL, baik aktif maupun sudah purnawirawan, digelar di balai RW.02 Ujung Jl. Panti Mulya III No 1 Kecamatan Semampir, Surabaya, Sabtu (19/8/23).

Paud, TK dan SD mengikuti lomba menggambar dan mewarnai
Paud, TK dan SD mengikuti lomba menggambar dan mewarnai (Foto: Div)

Lomba menggambar yang diikuti 150 peserta dengan mengangkat tema bebas, merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia dan Hari Anak Nasional, tentu saja di sambut sangat antusias oleh para peserta dan orang tua.


Meskipun panitia mengadakan lomba hanya untuk anak-anak, dari pihak Komnas Perlindungan Anak Kota Surabaya, juga memberikan kesempatan para orang tua berkonsultasi.


"Kegiatan ini dilaksanakan guna mengembangkan dan menorehkan kreativitasnya mulai kategori Paud, SD kelas 1-6. Mereka membawa perlengkapan sendiri dari rumah, pensil warna, meja kecil untuk alas menggambar. Untuk tingkat SD, mereka diberikan kesempatan menggambar sesuai dengan imajinasinya masing-masing," ujar Teguh Widodo, salah satu pengurus yang ikut mendirikan Jalapati.

Teguh Widodo, pendiri organisasi Jalapati Surabaya
Teguh Widodo, pendiri organisasi Jalapati Surabaya.(Foto: Div)

"Harapannya dengan ada kegiatan ini, adik-adik Jalapati bisa belajar dan mampu memimpin ketika dillaksanakan kegiatan seperti ini sekaligus melatih kepercayaan diri. Khusus para peserta, berharap mereka lebih berani menuangkan ide-idenya. Ini wujud kebebasan dan anak-anak akan merasa lebih merdeka," jelas Teguh Widodo kepada awak media AnalisaPost.


Hal yang sama juga di sampaikan oleh Lurah Ujung, Wahyudi Hardiyanto, S.Sos saat dimintai keterangannya terkait kegiatan ini, "Apa yang dilakukan hari ini adalah termasuk upaya peringatan HUT ke 78 yang di inisiasi oleh Jalapati dan difasilitasi oleh RW 02 Ujung. Semoga kegiatan ini tidak berhenti hanya disisni, akan tetapi bisa terus berlanjut pada kegiatan-kegiatan yag berbeda," ucapnya.


"Harapannya dalam lomba ini bisa menumbuhkan semangat patriotisme dari anak-anak generasi penerus bangsa. Yang jelas mereka nantinya dapat meneruskan yang terdahulu. 20 tahun kedepan, nantinya merekalah yang akan memimpin di negeri ini," pungkasnya.

Lurah Ujung, Wahyudi Hardiyanto, S.Sos saat melihat keseruan lomba menggambar
Lurah Ujung, Wahyudi Hardiyanto, S.Sos saat melihat keseruan lomba menggambar (Foto: Div)

Sementara salah satu anak yang mengikuti lomba, mengatakan, "senang bisa ikut lomba mewarnai dan bisa ketemu banyak orang. Pinginnya menang trus bisa jajan juga," cerita gadis kecil yang lugu ini sambil tertawa lucu.


Hadir dalam acara tersebut, Ketua Komnas Perlindungan Anak Kota Surabaya, Syaiful Bachri,SP, Lurah Ujung, Wahyudi Hardiyanto, S.Sos, dan pengurus Jalapati.(Dna/Che)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

459 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page