Seniman Bali Membuat Geger Dengan Karya Rancangan Gedung Istana Negara
top of page

Seniman Bali Membuat Geger Dengan Karya Rancangan Gedung Istana Negara

Diperbarui: 15 Sep 2021


Foto : Sekpres

Jakarta, Analisa Post | Beredarnya Disain rancangan Gedung Istana Negara Baru Kalimantan Timur yang di buat oleh Nyoman Nuarta seorang seniman patung asal Tabanan Bali merupakan pemenang sayembara Istana Presiden di IKN pada 29 Maret 2021 menjadi heboh dan viral berawal mengikuti sayembara yang diadakan oleh PUPR, Nyoman Nuarta menggambarkan Burung Garuda dengan sayap membentang.


Tahun lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bermula dari Rapat Koordinasi Sayembara Istana di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu kota Negara, mengundang beberapa arsitek terkenal dan para seniman untuk memberikan masukan ide dan gagasan mengenai rencana bangunan ikonik di ibu kota negara yang baru.

Foto : Sekpres

Sejumlah usulan pun telah masuk dan kami terima. Salah satunya adalah pradesain Istana Negara karya seniman patung kenamaan Nyoman Nuarta ini. Usulan beliau sarat dengan filosofi lambang Burung Garuda sebagai pemersatu bangsa sesuai semboyan Bhinneka Tunggal Ika.


Usulan ini, sekali lagi, masih pada tahap pradesain. Karena itu, "saya sangat mengharapkan masukan dari bapak, ibu, dan saudara-saudara semua tentang pradesain Istana Negara ini. Saya menginginkan Istana Negara tidak hanya dikenang sebagai tempat Presiden bekerja atau menjadi simbol kebanggaan bangsa, tapi juga mencerminkan kemajuan bangsa." Tutur Jokowi


"Dengan masukan-masukan itu nantinya, saya akan mengundang kembali para arsitek dan para ahli lainnya untuk melakukan pengkayaan pradesain menjadi basic desain Istana Negara." Tegas Jokowi dalam akunTwitternya (Red)

65 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page