top of page

Tak Hadiri Rapat Konsolidasi Persiapan Pemilu 2024, KPU Pohuwato Tuai Kritikan

POHUWATO - analisapost.com | Beberapa perwakilan partai yang siap bertarung pada Pemilu serentak Tahun 2024 merasa kecewa dengan perlakuan lembaga Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang dinilai terlalu santai.

Pasalnya, saat diselenggarakan rapat penting terkait konsolidasi tahapan verifikasi faktual keanggotaan Partai dalam menghadapi Pemilu serentak Tahun 2024 di Marina Beach Resort Pohuwato, tak dihadiri oleh pihak KPU, penyelenggaraan rapat konsolidasi tersebut hanya dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan beberapa Perwakilan dari Partai Politik.


Salah satu perwakilan Parpol Parsindo Provinsi Gorontalo, Hasan Lasiki mengatakan bahwa pihaknya sangat merasa kesal terhadap ketidakhadirannya KPU pada saat rapat konsolidasi verifikasi partai di gelar.


"Ini rapat penting yang seharusnya dihadiri oleh KPU sebagai penyelenggara karena rapat ini berkaitan dengan tahapan verifikasi administratif partai, apa alasan mereka (KPU) tak hadir?, mengapa yang hadir hanya Bawaslu?, sedangkan Bawaslu hanya bertugas sebagai pengawas, " tutur hasan dengan nada kesal, Rabu (30/11/2022).


Sama halnya, salah satu perwakilan partai yang enggan namanya disebutkan mengatakan bahwa pihaknya juga merasa kesal terhadap sikap dari KPU yang terkesan menganggap remeh dan tidak ada sinergitas yang dijalin bersama Bawaslu.


"Yang hadir di rapat ini hanya Bawaslu, KPU kemana?, Seharusnya pihak KPU dan Bawaslu itu bisa berkolaborasi dan bersinergi di setiap kepentingan-kepentingan jelang Pemilu. KPU sebagai pihak penyelenggara dan Bawaslu sebagai pengawas, ini kok terkesan sebaliknya. seperti tidak ada sinergitas yang terjalin antara Bawaslu dan KPU," tandasnya.


Dirinya berharap agar kedepannya, Bawaslu dan KPU dapat menjalin sinergitas dengan baik dalam menjalankan wewenang mereka sebagaimana mestinya.


Disela itu, Ketua Bawaslu Pohuwato, Ramlan mengatakan bahwa pihaknya yang menyelenggarakan rapat konsolidasi tersebut dan juga telah mengundang pihak KPU. Disisi lain, saat dikonfirmasi via telepon terkait hal itu, Pihak KPU tak memberikan respon. (zebal)


Dapatkan Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#pemilu2024 #KPU #bawaslu

122 tampilan0 komentar
Orange Geometric Minimalist Personal LinkedIn Banner (1).png
bottom of page