top of page

Tradisi Unik Maulid Nabi, Warga Kampung Ondomohen Rebutan Perabot Rumah Tangga

Diperbarui: 1 Okt 2023

SURABAYA - analisapost.com | Gebyar Maulid Nabi Muhammad, puluhan warga di Kampung Oase Ondomohen Surabaya, masih memegang tradisi unik mempertahankan budaya tradisional dalam memeriahkan peringatan Maulid Nabi. Tradisi ini berupa rebutan perabotan dapur yang digantung di halaman rumah. Kamis (28/9/23)

tradisi unik mempertahankan budaya tradisional dalam memeriahkan peringatan Maulid Nabi
Tradisi unik mempertahankan budaya tradisional dalam memeriahkan peringatan Maulid Nabi (Foto: Charles)

Hal ini dilakukan secara turun temurun, tepat pukul 19.00 Wib, warga berkumpul duduk lesehan dan siap-siap untuk berebut barang-barang kebutuhan rumah tangga yang digantung bervariasi seperti sendok, panci, gantungan baju, talam plastik, baskom dan kue-kue selanjutnya, mereka diarahkan untuk mempersiapkan diri.


Bulan Maulid juga kerap di sebut "lebarannya anak-anak". mereka akan datang dan duduk di depan, mengerumuni tumpeng ataupau makanan yang di gantung.


Menurut Mus Mulyono, Ketua Kampoeng Oase Ondomohen, perayaan maulid yang disiapkan itu bisa di perebutkan setelah membaca sholawat yang di pandu langsung oleh tokoh agama setempat.


"Yang menarik dan yang ditunggu adalah minum air yang di taruh diatas cangkir tanah liat berisi 7 bunga. Siapapun yang minum air tersebut diyakini bisa awet muda. Tapi sebenarnya itu merupakan suatu keguyuban," ungkapnya.

perayaan maulid yang disiapkan itu bisa di perebutkan setelah membaca sholawat
Perayaan maulid yang disiapkan itu bisa di perebutkan setelah membaca sholawat (Foto: Div)

Sementara Adi Candra, Pembina Kampoeng Oase Ondomohen memaparkan kepada awak media AnalisaPost bahwa Barikan Muludan di Kampoeng Oase Ondomohen merupakan warisan leluhur pendahulu yang dirayakan cukup unik.


"Hal ini menjadi bagian daripada upaya pelestarian budaya dan kearifan lokal (local wisdom) yang diharapkan memperkaya kalender event di Kampung ini yang sedang berjuang menjadi Destinasi Wisata Edukasi di Jantung Kota Surabaya," jelasnya.


Lanjut disampaikan, "agenda tahunan ini juga sebagai ungkapan syukur kepada Alloh SWT diharapkan selalu ada dan tidak tergerus oleh Modernisasi, karena dengan kegiatan ini sebagai wadah persatuan dan kesatuan bagi Wong Kampoeng Oase Ondomohen," tutupnya.


Dari pantauan awak media AnalisaPost, acara berlangsung secara khidmat, guyub, rukun dan meriah.(Dna/Che)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

293 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page