top of page

UHT Gelar Seminar Nasional: Mengenal Psikologi Klinis dan Perannya Terhadap Mental Masyarakat

Diperbarui: 7 Sep 2023

SURABAYA - analisapost.com | Salah satu tantangan besar yang selalu dihadapi Indonesia dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas adalah kesehatan mental merupakan indikator penting dalam perkembangan manusia. Hal inilah yang melatarbelakangi Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah menyelenggarakan Seminar Nasional bertajuk "Peran Pskologi Klinis Dalam Mewujudkan Masyarakat Sehat Mental Holistik yang diselenggarakan pada hari Rabu (6/9/23) bertempat di Gedung Graha Samudra ganesha (GSG) UHT Jl. Arif Rahman Hakim No 105 Surabaya secara hybrid.

Rektor UHT Prof.Dr.Ir.Supartono,MM.,CIQaR saat memberikan sambutan
Rektor UHT Prof.Dr.Ir.Supartono,MM.,CIQaR saat memberikan sambutan (Foto: Div)

Rektor UHT Prof.Dr.Ir.Supartono,MM.,CIQaR dalam sambutannya menyampaikan pelaksanaan Seminar Nasional merupakan salah satu kegiatan penunjang tugas pokok Universitas Hang Tuah dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, penelitian dan Pengabdian masyarakat.


"Yang penting adalah keseimbangan kesehatan fisik dan mental. Ketenangan jiwa kedamaian hati, hati yang lapang akan terpancar pada kesehatan fisik," ucap Prof Supartono.


Sementara Ketua panitia Seminar Nasional, Wanda Rahma Syanti, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog menyampaikan bahwa kampus UHT secara rutin menyelenggarakan kegiatan seminar Nasional setiap tahunnya untuk memberikan wawasan mengenai kesehatan mental, produktivitas sehingga dapat di implementasikan dalam memberikan layanan yang prima kepada seluruh masyarakat.


"Kami mengundang para narasumber merupakan pakar di bidangnya untuk mewujudkan masyarakat sehat mental yang holistik dengan memberikan treatment dan perhatian yang baik, melalui pendekatan kesehatan holistik meliputi fisik, mental dan sosial, memainkan peran krusial dalam penanganan," ujarnya.


"Kebutuhan terhadap layanan kesehatan mental tidak lagi sebagai kebutuhan sampingan. Karena itu setiap individu dianjurkan untuk menerapkan kebiasaan yang baik serta menjaga hubungan baik satu sama lain karena kesehatan mental seseorang sangat mempengaruhi kualitas kesehatan," ujar Wanda Rahma Syanti, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog yang disampaikan kepada awak media AnalisaPost.

Ketua panitia Seminar Nasional, Wanda Rahma Syanti, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog
Ketua panitia Seminar Nasional, Wanda Rahma Syanti, S.Psi.,M.Psi.,Psikolog (Foto: Div)

Ia juga menghimbau untuk senantiasa menjaga kesehatan serta mensyukuri hidup dan senantiasa sabar. "Orang yang sehat secara fisik, mental, emosional, finansial, intlektual hubungannya sosial yang baik. Bisa disebut bahwa orang sehat itu orang yang sukses hidup di masyarakat," imbuhnya.


Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum Lembaga perlindungan Anak Indonesia, Prof.Dr.Seto Mulyadi,M.Si.,Psikologi yang kerap di sapa Kak Seto berpesan buat orang tua, "sudah bukan zamannya lagi mendidik dengan cara kekerasan, apalagi dalam bentuk bentakan hingga kekerasan fisik. Karena ini bisa menimbulkan rasa takut, pada dasarnya anak itu senang untuk belajar. Tapi dengan cara yang salah justru akan membuat si anak menjadi malas," ucapnya yang di sampaikan secara online.


Salah satu peserta seminar juga memberikan tanggapannya. Ia menekankan betapa pentingnya seminar nasional ini bagi mahasiswa, "Pesan yang disampaikan dengan adanya seminar nasional bahwa sehat mental itu memang diperlukan secara holistik sesuai dengan tema. Karena banyak orang yang melihat sehat mental itu cuman dari beberapa sisi aja. Melalui seminar nasional diharapkan mendapat pengetahuan dan keterampilan baru untuk menghadapi pengaruh kesehatan jiwa secara komprehensif," tutupnya mengakhiri.


Seminar diikuti oleh lebih dari 350 orang mahasiswa, dosen dan pemerhati bidang kesehatan mental dalam rangka memotivasi mahasiswa dan masyarakat umum untuk turut serta meningkatkan mutu kesehatan di sambut dengan antusias.

Tampak hadir Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Airlangga, Prof.Dr.Nurul Hartini,M.Kes.,Psikolog, Ketua Umum PP HIMPSI, Dr.Andik Matulessy,M.Si.,Psikolog dengan moderator Dr.Weni Endahing Warni,M.Psi.,Psikolog, (Dna/Che).


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

157 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page