top of page

Umat Katolik Surabaya Berduka Atas Meninggal Uskup Sutikno

SURABAYA - analisapost.com | Duka menyelimuti umat Katolik Surabaya dan di seluruh Indonesia merasa kehilangan yang mendalam atas berpulangnya Uskup Surabaya Msgr Vincentius Sutikno Wisaksino, Kamis (10/8/23).

Papan bunga ucapan duka memenuhi halaman Gereja Katedral hingga di sepanjang jalan Polisi Istimewa
Papan bunga ucapan duka memenuhi halaman Gereja Katedral hingga di sepanjang jalan Polisi Istimewa (Foto: Charles)

Uskup Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksino, Uskup pertama menjabat di Surabaya meninggal di Rumah Sakit katolik St. Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya pukul 10.29 WIB. Beliau lahir di Surabaya 26 September 1953 mempunyai karakter spontan, suka bercanda dan terbuka terhadap semua orang disamping kecintaannya terhadap dunia seni. Kini ia telah menunaikan tugasnya penuh dedikasi dan kasih dengan meninggalkan sejarah.


Banyak umat dari luar kota Surabaya datang, mereka menangis saat peti di dorong masuk Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Surabaya. Petugas upacara mengenakan busana warna putih dengan membawa dupa.

Uskup Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksino, Uskup pertama menjabat di Surabaya
Uskup Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksino, Uskup pertama menjabat di Surabaya (Foto: istimewa)

Dari pantauan awak media AnalisaPost di lokasi, malam itu ada banyak papan bunga ucapan duka memenuhi halaman Gereja Katedral hingga di sepanjang jalan Polisi Istimewa. Saking banyaknya, beberapa di pasang di depan pagar tempat ibadah. Hingga pukul 20.00 WIB, papan ucapan duka terus berdatangan.


Kepulangan sang uskup menjadi duka yang mendalam seperti yang disampaikan oleh salah satu umat, "Beliau sekarang sudah kembali ke rumah Bapa di Surga. Beristirahatlah dengan tenang. Terima kasih telah menggembalakan kami," ujar tante Patricia.


Selain itu beberapa umat menyampaikan sebuah pesan yang tertulis di alkitab 2 Timotius 4:7 Aku telah mengakhiri pertandingan yang baik, aku telah mencapai garis akhir dan aku telah memelihara iman.(Che)


Dapatkan update berita pilihan dan berita terkini setiap hari dari analisapost.com

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page