top of page

Warga Surabaya Takjub Akan Pameran Alutsista TNI

Diperbarui: 27 Nov 2023

SURABAYA - analisapost.com | Peringati Hari Armada, Koarmada II, yang jatuh pada tanggal 5 Desember 2023 mendatang digelar Pameran Alutsista di jalan Tunjungan bekerjasama Forkopimda Jawa Timur dengan tema Sailor & Citizen Interaction (SCI) mampu membuat banyak masyarakat penasaran dan bertanya-tanya seperti apa Alutsistanya TNI. Minggu (26/11/23)

Nampak anak - anak sedang bermain dikendaraan TNI saat di gelar pameran alutsista (Foto: Charles)

Event pameran sistem persenjataan (Alutsista) yang diadakan di jalan Tunjungan di manfaatkan oleh pengunjung dalam mencari tau mengenai berbagai macam Alutsista sehingga memberikan wawasan dan motivasi bagi anak-anak yang bercita-cita menjadi anggota TNI.


Acaranya yang dimulai pukul 07.00 WIB sampai 21.00 WIB. Pawai tak hanya memamerkan persenjataan (alutsista) saja tetapi juga menampilkan Marching band Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut.


Dari pantauan awak media AnalisaPost, tampak animo warga Surabaya cukup tinggi. Mulai tua hingga anak-anak saling berebut untuk pegang senjata hingga kendaraan taktis, torpeda, hingga koleksi senjata api. Beberapa dari pengunjung mereka mengajukan pertanyaan guna mengetahui fungsi mulai senjata, dan jenis peluru sesuai kalibernya.

Koarmada II,(Foto: Charles)

Acara yang dibuka langsung oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Yayan Sofiyan dimeriahkan oleh penampilan band dari Pavoiseren, Gung-Ho hingga navy Fashion Show.


Saat mengunjungi salah satu stand, Serda LPU Ardi menjelaskan,"ini ada beberapa pesawat yang sudah tidak beroperasi lagi dan mempunyai fungsi berbeda - beda, misalnya pesawat CN - 235 untuk patroli maritim di laut. Seperti taktis kerjasama dengan KRI untuk menscan daerah laut sekiranya terdapat obyek asing atau kapal - kapal asing lalu pesawat pengintai ketika titik koordinat sudah ditemukan, baru KRI melakukan eksekusi," ujarnnya.


"Hadirnya event ini tentu sangat berguna buat masyarakat. Tujuannya agar masyarakat tahu bahwa Angkatan Laut Indonesia (TNI) mempunyai pesawat - pesawat canggih," terangnya kepada awak media AnalisaPost saat di tanya terkait respon masyarakat yang disampaikan sangat positif.

Serda LPU Ardi (Foto: Charles) Foto:Charles

Hal sama juga disampaikan salah satu pengunjung,"dulu cita - citanya saya pingin menjadi angkatan namun gagal gara-gara dipsikotes dua," ceritanya.


"Berharap tiap tahun ada pemeran Alutsista seperti saat ini biar warga Surabaya lebih mengenal. Dari semua stand yang ada, paling saya disukai adalah RSAL karena pingin jadi dokternya,"kata Edwin mengakhiri percakapannya.


Meskipun cuacanya mendung tidak mengurangi masyarakat untuk datang bersama keluarga. Sampai berita ini diturunkan envent masih berlangsung sangat meriah.(Che)


Dapatkan berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari dan ikuti berita terbaru analisapost.com di Google News klik link ini jangan lupa di follow.

371 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page