Archipelago Engineering Training Center dan Simulasi Penggunaan APAR

SIDOARJO - analisapost.com | Archipelago mengadakan acara sosialisasi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) dan simulasi DAMKAR (Pemadam Kebakaran) oleh Fire Fighting Equipment Instalation CV Cipta Guna mandiri yang diikuti 40 peserta leader engineering dari 20 hotel naungan Archipelago yang dilaksanakan di Fave Hotel jalan Jenggolo no 15 Sidoarjo.Rabu (17/11/21)


Pelatihan APAR ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pegawai tentang penggunaan APAR dan juga melatih para staf agar mampu menggunakan APAR dengan tepat dan benar untuk menanggulangi kebakaran dalam skala kecil.

Foto : Div ( Tim Nafiri mengadakan demo cara menggunakan APAR)

Aries Luhur yang kerap di sapa Opa, Executive Marketing & Communication Fave Hotel Sidoarjo mengatakan, "kegiatan yang diadakan ini merupakan agenda penting. Demi menjaga pelayanan tamu, kegiatan ini nantinya akan dilaksanakan secara berkala. Hal ini merupakan wujud keseriusan kita menyajikan pelayanan terbaik untuk tamu."


Menurut Coorporate Chief Engineering dari Archipelago, Bintang Watjana mengatakan," Harapannya diadakan kegiatan traning program centre ini agar semua karyawan bisa menjaga aset perusahaan yang dimiliki oleh para insvestor atau owner." jelasnya kepada awak media Analisa Post di meeting room fave hotel Sidoarjo.


Salah satu panitia dari Fave Hotel, Anwar juga mengatakan bahwa,"Kita sebagai engineering leader harus menyiapkan next generasi engeneering baru, maka di terapkan konsep traning centre ini untuk memberikan traning dan berbagi informasi, selain memaksimalkan pelayanan bagi para tamu."Ujarnya.

Foto : Div (Pengarahan yang diberikan tim Nafiri kepada peserta di halaman Fave Hotel)

Sosialisasi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ini disampaikan langsung oleh Nafiri sebagai suport sistem, Bapak Peter dengan penyampaian materi, tim dari Nafiri, sebuah perusahaan yang memberikan teknik penanganan kebakaran secara langsung, Pegawai dan staf yang berada di bawah naungan Archipelago.


Adapun cara penggunaan APAR yang tepat dan benar dengan langkah adalah :

  1. APAR isi powder

  2. APAR isi Gas Co2

Selain itu juga dijelaskan mengenai ciri kondisi APAR (Alat Pemadam Api Ringan) yang siap dipakai :

  1. Posisi masih tersegel

  2. Pada label pengecekan APAR masih berfungsi

Sumber kebakaran yaitu :

  1. Kebakaran berasal dari bahan biasa padat yang mudah terbakar contoh : Kertas, kayu, plastik

  2. Kebakaran berasal dari bahan cair yang mudah menyala contoh : bensin, solar

  3. Kebakaran yang berasal dari peralatan listrik contoh : generator listrik.

Cara menggunakan APAR adalah tarik pin APAR

Ambil posisi tidak melawan arah angin. Cara mengetahui arah angin, perhatikan asapnya, jangan berdiri dengan posisi menantang asap. Posisi berdiri sekitar 1.5 m-3 m dari api

angkat APAR, arahkan moncong selang ke arah api, semprot api dengan cara menekan tuas pada alat pemadam.


Dengan adanya traning centre program ini, berharap bisa mengedukasi dan para staf di lingkungan Archipelago di Jawa Timur memiliki kesadaran terhadap resiko kebakaran serta selalu siaga, waspada dan trampil dalam melakukan penanganan apabila terjadi kebakaran ringan.(Dna)


604 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua