top of page

Bangkitkan Olahraga Baseball, Surabaya Grammar School Gandeng Atlet Surabaya

SURABAYA - analisapost.com | Bisbol atau dikenal dengan baseball adalah olahraga kasti dari Amerika dimainkan oleh dua tim yang belum mampu memasyarakat seperti cabang olahraga sepakbola, bolavoli atau bola basket. Melihat potensi yang ada, Sekolah Surabaya Grammar School (SGS) yang berlokasi di komplek Wisata Bukit mas II, Blok H1-5, Wiyung Surabaya menggandeng atlet bisbol Surabaya berupaya mengenalkan olahraga baseball untuk mengembangkan karakter dan meningkatkan ketahanan fisik anak melalui program pelatihan olahraga bisbol pada hari Selasa (13/12/22) yang dilaksanakan di lantai 3 aula SGS.

Teknik dasar permainan baseball yang diberikan kepada anak-anak pemula (Foto: Div)

Kegiatan ini dihadiri oleh Iis Hendro Gunawan selaku ketua Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia (Perwosi) Surabaya dan Komnas Perlindungan Anak Surabaya, Syaiful Bachri.


Selaku Ketua Perwosi Surabaya, IIs Hendro Gunawan menyambut baik dan gembira diadakannyanya pelatihan baseball di tiap-tiap sekolah. Berharap mampu berperan serta dalam mencari bibit-bibit atlet.


"Olah raga ini sangat luar biasa. Tidak hanya menggerakan kaki, tapi semua anggota badan, punya strategi juga fokus, dan ada sesuatu yang harus dicapai. Sehingga bagus banget untuk mendidik mereka agar mereka memiliki upaya dan pencapaian. Itu jika dilihat secara simbologis."ujar Iis Hendro, wanita yang sangat menyayangi anak-anak.


Khusus Indonesia, sebenarnya olahraga ini sudah dikenal sejak lama.Tetapi olahraga ini hanya dimainkan disekolah tertentu. Seiring pesatnya perkembangan olahraga ini, maka mulai dibentuk Induk organisasi perserikatan baseball dan Sofbal Amatir Seluruh Indonesia (PERBASASI)

"Setelah sekian tahun PERBASASI berdiri, sekarang kita bisa mengikut sertakan olahraga ini di ajang porprov. Mudah-mudahan ditahun depan, kita kembali menampilkan atlet-atlet Surabaya khususnya, Jawa Timur pada umumnya mereka sangat hebat, semua mendali emas mereka borong." jelasnya.


"Dengan adanya baseball coaching clinic di SGS, kita berharap dapat bibit atlet mulai dari SD karena menurut hemat saya, dukungan sekolah, orang tua dan masyarakat sekitar sangat kita butuhkan. Kami akan lebih konsentrasi lagi ke anak-anak ditahun-tahun mendatang dan ini sangat membahagiakan untuk masa depan anak sehingga bisa lebih baik, lebih cerdas, lebih punya strategi dan lebih cerah lagi,"ungkap Iis Hendro kepada awak media Analisa Post.


Sementara Kepala Sekolah SD SGS, Feriana Susanti menyampaikan, Dalam rangka meraih prestasi yang tinggi dalam olahraga, sangat diperlukan sebuah pembinaan usia dini yang terencana dan terprogram dengan baik. SGS saat ini masih berkomitmen dalam melakukan pembinaan usia dini untuk cabang olahraga baseball dan softball.

"Dalam waktu dekat, kami akan mengadakan lomba memukul bola untuk antar kelas. Yang kedua kami berangan-angan ada club baseball sendiri di SGS. Jadi kita pilih anak-anak dari permainan yang kita lombakan, untuk melihat siapa yang suka olahraga baseball khususnya dan kita akan masukan ke dalam club kemudian semingu sekali akan kita latih agar menjadi pemain profesional. Jika ada lomba tingkat nasional maupun internasional, berharap SD, Surabaya Grammar School bisa mengikutinya itu tujuan kami," jelas wanita cantik yang penuh energik.


Dari pantauan awak media Analisa Post, tampak anak-anak berebut untuk mencoba cara memukul hingga melempar bola. Salah satu siswa yang ditemui menyampaikan, " Kalau setiap hari ada latihan, aku pingin latihan terus kecuali akhir minggu. Karena setiap minggu diajak latihan badminton sama papa." cerita bocah kecil yang hobbi olahraga. Diusianya yang baru 7 tahun ini, ternyata ia sangat menyukai baseball selain badminton.


Dengan adanya kegiatan baseball coaching clinic pada anak-anak, diharapkan bisa mendapatkan bibit-bibit anak yang berbakat, punya potensi yang bisa dikembangkan untuk pembentukan karakter tersebut diharapkan menjadi dasar upaya regenerasi dan melahirkan atlet berkualitas membangun karakter anak bangsa melalui olahraga baseball.


Dapatkan Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari analisapost.com

#surabayagrammarschool #SGS #baseball #perbasasi #iishendrogunawan

251 tampilan0 komentar