Bangunan Tua di Kecamatan Tarik Penuh Misteri

Diperbarui: 24 Mar


Foto : Div (Bangunan tua di Kecamatan Tarik Sidoarjo)

Sidoarjo, analisapost.com | Jejak pembangunan jaman kolonial bisa dirasakan di kota besar, dengan beberapa bangunan tuanya. Baik bangunan berupa gedung maupun rumah. Salah satu bangunan tua itu terletak di kecamatan Tarik Sidoarjo yang merupakan milik Dinas PU pada era Belanda. Jumat (26/03/2021)


Menurut keterangan warga sekitar mengatakan, bangunan itu kadang-kadang di kunjungi oleh dinas PU. Berdasarkan info yang didapatkan oleh awak media Analisa Post, bangunan megah khas Eropa berupa kantor ini sudah ada sejak jaman Belanda.

Foto : Charles (Tampak dari dalam. Sebenarnya bangunan ini sangat menarik)

Banyak bagian bangunan rusak, bahkan tumbuhan liar menjalar di gedung tua tersebut. Sebenarnya bangunan ini menarik untuk di kunjungi terutama bagi yang suka heritage. Kami menilai perhatian pemerintah terhadap bangunan tua masih baru sebatas di pusat kota.


Saat Analisa Post masuk ke dalam bangunan tua, terasa auranya beda. Salah satu warga yang berjualan di sekitar bangunan itu mengatakan, “Kalau malam gedung ini menakutkan. Saya aja berjualan sampai jam 4 sore. Petugas Dinas dari PU sering datang tapi setiap tiga bulan sekali melakukan pengecekan setelah itu pulang.” Ujar ibu itu.

Foto : Charles (Selain rusak, bangunan ini juga di rambati tanaman liar)

Sangat disayangkan jika bangunan ini hanya sekedar dikunjungi oleh dinas Pu tapi tidak di perhatikan dengan baik. Padahal bangunan bergaya Eropa ini memiliki nilai jual yang tinggi jika dirawat minimal pengecatan, tentunya hal itu menjadi potensi sekaligus menjadi Obyek Daya Tarik Wisata minat khusus (ODTW).


Hal ini bisa dikembangkan melalui seminar travelling sambang kampung dilakukan dengan jalan kaki. Dengan demikian, bangunan-bangunan tua akan banyak di kenal oleh masyarakat. Namun karena warga sekitar tidak banyak mengetahui tentang bangunan tersebut, hingga berita diturunkan data yang masih di terima sangat minim oleh awak media Analisa Post. (Che/Dna)

17 tampilan0 komentar