Bantu 275 Juta, Pemkab Jembrana Gratiskan Ngaben Kolektif di Sumbersari

JEMBRANA - analisapost.com | Guna membantu umat khususnya pemenuhan sarana prasarana yadnya. Pemkab Jembrana membantu upacara ngaben dan metatah kolektif gratis, seperti yang digelar di Desa Sumbersari kecamatan Melaya.

Pemkab Jembrana membantu upacara ngaben dan metatah kolektif gratis, seperti yang digelar di Desa Sumbersari kecamatan Melaya (Foto: Istimewa)

Bantuan sebesar Rp 275 juta yang bersumber dari APBD kabupaten Jembrana itu diserahkan Bupati Tamba secara simbolis kepada panitia saat menghadiri langsung pelaksanaan ngaben dan metatah kolektif, Jumat (15/4) di Bangsal Sumbersari.


Bupati Tamba mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut untuk menggratiskan upacara yadnya khususnya ngaben masal ini. "Bantuan ini diberikan untuk meringankan beban umat, khususnya dalam pemenuhan sarana prasarana ngaben massal. Jadi ini gratis tanpa boleh ada pungutan lain karena seluruh biaya sudah ditanggung pemerintah kabupaten Jembrana,"ujarnya.


Tak hanya bantuan untuk pengabenan kolektif, Bupati asal Kaliakah ini juga menyebut dari sisi yadnya, pemerintah kabupaten Jembrana juga telah menyisipkan program - program tambahan untuk meringankan krama desa adat.

"Seperti beberapa waktu yang lalu kita sudah bantu 1 ekor babi untuk masing - masing desa adat se-Jembrana ketika menjelang pemelastian. Kemudian dari sisi kebersihan, kita juga sudah mempekerjakan 1 orang untuk bersih - bersih di masing - masing Pura Kahyangan Tiga dan Kahyangan Jagat di Jembrana,"imbuhnya.


Sementara, terkait pelaksanaan pengabenan dan metatah kolektif di desa Sumbersari, kecamatan Melaya, dikatakan Ketut Subanda selaku Bendesa Sumbersari yang juga ketua panitia diikuti total 122 peserta. "Untuk upacara Nyekah 32 peserta, mungkah 5 peserta, ngelungah 52 peserta, metatah 21 peserta serta mepetik 12 peserta,"pungkasnya.(yogi/Dna)

996 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua