Bawang Merah Bahan Masakan Yang Ajaib

Diperbarui: 7 Jun


Foto : Div

Surabaya, Analisa post | Siapa yang tidak mengenal bawang merah. Salah satu bahan untuk membuat makanan menjadi enak. Bumbu dapur ini sudah banyak di kenal orang. Aroma khasnya jika di goreng menambah kenikmatan makanan.


Namun sangat disayangkan, sedikit yang mengetahui kegunaan dan manfaat dari bawang merah selain salah satu campuran bumbu.


Bawang merah memiliki berbagai jenis namun memiliki kandungan yang sama. Misalnya bawang merah digunakan untuk obat demam, masuk angin dan meringkankan sakit.


Menurut kepercayaan leluhur kita, bawang merah juga digunakan untuk menolak bala ketika bayi lahir, pada ubun-ubun bayi yang masih lembek, biasanya di letakan irisan bawang merah mentah dengan tujuan agar anak ini tidak di ganggu mahluk halus. Percaya atau tidak, tetapi hal itu selalu di lakukan hingga kini.

Foto : Div

Ada 8 manfaat bawang merah mentah bagi kesehatan

  1. Baik Untuk Yang Kolestrol : Berdasarkan penelitian menunjukan bahwa wanita yang kelebihan berat badan dengan membandingkan antara yang mengkonsumsi banyak makan bawang merah dan sedikit bawang merah, hasilnya orang yang mengkonsumsi banyak makan bawang merah, tingkat kolestrol jahatnya menurun. Intinya diet yang mengandung makanan banyak bawang merah mampu menurunkan kolestrol dalam tubuh.

  2. Baik Untuk Penderita Diabetes : Bagi penderita diabetes mellitus, tipe satu dan tipe dua, mampu membuat kadar gula darah menjadi normal.

  3. Menjaga Kesehatan Jantung : Membantu menyehatkan jantung sebab bawang merah mampu mengontrol tekanan darah tinggi, serta membuka arteri yang tersumbat. Hal ini mencegah terjadinya risiko serangan jantung coroner, stroke dan gagal ginjal termasuk menurunkan tekanan darah tinggi.

  4. Baik Untuk Mengatasi Sembelit : Bumbu rempah ini mengandung senyawa yang membantu proses pembuangan racun, sehingga pencernaan menjadi lebih lancar. Oleh karena itu, mulailah belajar makan atau mengkonsumsi bawang merah terutama bagi orang-orang yang tidak suka bawang merah.

  5. Memperlancar Pernafasan : bagi kesehatan, bawang merah bisa membantu untuk memperlancar sistem pernafasan dan bisa digunakan sebagai antiradang.

  6. Baik Untuk Membantu Tulang Lebih Padat : Berbagai cara yang dilakukan masyarakat untuk menopang tubuhnya dengan baik. Tentu kita berusaha menjaganya tetap baik, Apalagi bagi yang memiliki riwayat keluarga osteoporosis, pasti memiliki kekhawatiran yang lebih tinggi.Memakan dengan kadar yang tepat, akan membantu meningkatkan kepadatan tulang, mencegah osteoporosis, dan menjaga massa tulang.

  7. Menjaga Kesehatan Mata : Cara cukup rajin konsumsi bawang merah. Kandungan sulfur pada bawang akan merangsang produksi protein, yakni glutathione. Berperan sebagai antioksidan dan kombinasi vitamin E dari bawang merah pula, sangat baik menjaga kesehatan mata.

  8. Mencegah Kanker : Dengan mengkonsumsi sayuran dengan bawang merah dan bawang putih, dapat membantu mencegah resiko kanker yang dipercaya mampu menghambat dan menghancurkan sel kanker.(Dna)

16 tampilan0 komentar