BKKBN Jatim Siap Kembangkan GenRe Bersama KNPA
top of page

BKKBN Jatim Siap Kembangkan GenRe Bersama KNPA

Diperbarui: 22 Feb 2023

SURABAYA - analisapost.com | Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur terus mengembangkan program Generasi Berencana untuk meningkatkan penguatan program remaja sampai di tingkat desa.

Ketua Komnas Anak Kota Surabaya saat berdialog bersama Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati (Foto: Istimewa)

Hal ini dilatarbelakangi masih tingginya angka dispensasi nikah, tingginya kasus hamil pranikah pada remaja dan tingginya kasus yang sedang ditangani Komnas Anak (KNPA) perihal bulliying dan kekerasan seksual yang terjadi pada anak dan remaja khususnya di Jawa Timur.


Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Maria Ernawati mengatakan BKKBN merupakan lembaga yang diamanahkan untuk membentuk keluarga yang berhasil dengan menyasar keluarga dengan siklus hidup, artinya disana ada anak, ada remaja, ada Pasangan Usia Subur, hingga orang tua atau lansia.


“Ranah kita adalah untuk pencegahan atau preventifnya dan ini yang mengharuskan kami untuk kolaborasi dengan multi sektor. Kami mengucapkan terima kasih kepada Komnas Perlindungan Anak (KNPA) dan langkah berikutnya tentu saja kita akan melakukan kerjasama,” terangnya usai menerima dan berdialog dengan KNPA Jatim di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Selasa (21/02).


Erna menyampaikan dalam Kerjasama tersebut tentu akan jelas siapa berbuat apa, KNPA melakukan apa dan BKKBN Provinsi Jawa Timur melakukan apa.

Termasuk data atau strategi sebagai upaya pencegahan dari kasus-kasus anak, terutama pemerintah harus hadir untuk keluarga.


“Peran pemerintah tidak cukup karena keterbatasan SDM maupun anggaran. Dari Komnas-Komnas inilah kami berharap ada satu Gerakan yang lebih implementatif lagi di lapangan. Sehingga apa yang kita harapkan bersama, bahwa anak itu terlindungi, keluarga akan bahagia itu menjadi sasaran utama kami,” jelasnya.


Erna menambahkan dalam perbincangan yang sangat menarik dengan KNPA Jatim, BKKBN Jatim tertarik untuk mengembangkan program Generasi Berencana yang sudah sampai saat ini berjalan.


Evaluasi program GenRe selama ini masih ada di tingkat Kabupaten/Kota, untuk itu, di tahun 2023 BKKBN Jatim akan mengembangkan terbentuknya Generasi Berencana hingga di tingkat Kecamatan atau Desa.


"Kami berharap program GenRe ini bisa sampai di tingkat RW. Banyak informasi menarik dari KNPA yang bisa diadopsi dan diterapkan di program GenRe,” ungkapnya.


Di tempat yang sama, Ketua Komnas Anak Kota Surabaya dan juga Plt Sekjen Komnas Anak Jawa Timur, Syaiful Bachri mengatakan Komnas Anak Provinsi Jawa Timur hadir ke kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dan bertemu dengan Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Ibu Maria Ernawati karena kasus-kasus yang mereka hadapi tidak bisa diselesaikan sendiri.


“Setelah pandemi, terjadi suatu lonjakan yang luar biasa. Bahwa posisi anak-anak di Indonesia, di Jawa Timur dan khususnya di Kota Surabaya tidak dalam kondisi baik-baik saja,” tegas Ketua Komnas Anak Kota Surabaya.


Saiful mengharapkan perlu peran serta dari semua pihak, baik dari pihak Komnas Perlindungan anak maupun dari BKKBN.(Ist)

23 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page