Budaya Tionghoa Menjelang Imlek

Diperbarui: 31 Jan

SURABAYA - analisapost.com | Seusai kita merayakan pergatntian tahun baru 2022, saatnya kita merayakan tahun baru Imlek. Berbagai tradisi imlek yang unik bisa kita lihat disini. Bahkan tradisi imlek ini hanya dijalankan saat perayaan imlek saja. Meskipun jaman semakin berkembang, masih ada sebagian orang yang menjalankan tradisi-tradisi ini untuk melestarikannya.Minggu (30/01/22)

Ada berbagai tradisi imlek di indonesia yang dijalankan oleh orang Tionghoa. Tradisi Imlek biasa dilakukan beberapa hari sebelum Imlek yang jatuh pada hari selasa, 1 Februari 2022.


Tradisi Tionghoa yang patut diketahui


1. Membersihkan Rumah; Kegiatan membersihkan rumah dilakukan setiap hari ataupun menyambut ketika hari spesial. Selain membuat suasana rumah menjadi nyaman, membersihkan rumah sebelum tahun baru diyakini dapat mengusir nasib buruk tahun ini. Dan diyakini jika membersihkan rumah tepat saat Imlek maka dapat mengusir nasib baik yang akan datang.


2. Berkumpul dan Makan Bersama Keluarga; Warga Tionghoa yang merayakan juga menganggap Imlek sebagai momen istimewa karena dapat berkumpul dan makan malam bersama keluarga dan orang sekitar.


3. Serba Merah; Dalam kepercayaan Tionghoa, warna merah diartikan sebagai warna keberuntungan. Jadi saat imlek, biasanya mereka tidak akan menggunakan warna putih dan hitam karena warna itu merupakan warna pemakaman dan dianggap akan membawa sial.

4. Hong Bao atau Angpau; Hong Bao atau amplop merah selalu hadir saat imlek. angpau biasanya di berikan oleh orang yang lebih tua dan sudah menikah kepada yang lebih muda atau yang belum menikah.


5. Berdoa di Klenteng; Tradisi lain yang dilakukan adalah pergi ke klenteng. Warga Tionghoa juga akan pergi sembayang ke klenteng. Namun karena suasana pandemi akhirnya yang datang di batasi dan selalu menggunakan ibadah klenteng.


6. Sembayang leluhur bagi mereka yang masih memegang kepercayaan Konghucu, sembayang leluhur lazimnya dilakukan sehari sebelum sembahyang.


7. Saling Memberi Hadiah; tidak hanya berkumpul dengan keluarga, perayaan imlek juga dimanfaatkan untuk saling mengunjungi. Tentu saja saat dikunjungi, mereka akan membawa hadiah.


8. Barongsai; Pertunjukan Barongsai yang menggunakan kostum unik ini biasanya dilakukan.


9. Hidangan Khas Imlek, Hidangan pada umumnya yang berbeda-beda. Umumnya hidangan yang di sajikan terdiri dari 12 jenis makanan.


10. Doa Turun Hujan; Tahun Baru Imlek, identik dengan harapan turun sebagai pertanda harapan pembawa sial dan keberuntungan.

11. Tidak Boleh Membalik Ikan; Dalam tradisi imlek dilalarang mengambil daging ikan pada bagian bawah.


12. Tradisi Yu Sheng; adalah tradisi yang dilakukan untuk menyambut Tahun baru Imlek yang berhubungan dengan hidangan khusus pergantian tahun.


13. Membaca Ramalan Shio; Ramalan shio juga cukup penting dalam tugas.


14. Gantungan Dewa-Dewi di Pintu; Salah satu di kenal sebagai men, shen dan berasal dari dinasti Tang.


Itulah tradisi Imlek yang unik dan penuh makna patut diketahui. Bagi mereka yang merayakan, selamat merayakan tetap untuk mentaati protokol kesehatan. Dan nantikan berita pilihan setiap hari dari analisapost.com. Mari bergabung di grup Telegram. https://t.me/+uyqwrUy_kCU2NTdl. (Dna)



315 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua