Bupati dan Kepala BPIP Memberikan Sebuah Gagas Ende Jadi Pusat Study Pancasila Bagi kaum milanial


Foto : Dokpri

NTT - analisapost.com Bupati Ende Drs.H.Djafar Achmad ingin Ende menjadi tempat belajar Pancasila bagi generasi penerus bangsa.


Dia menegaskan, Ende punya tempat istimewa dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia.


Sebab, di Endelah Bung Karno, Sang Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia, menemukan ilham Pancasila.

Niat Bupati Djafar disambut baik oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof. Yudian Wahyudi.


"Kalau soal itu (Ende jadi tempat belajar Pancasila), Bapak Bupati sudah pernah disampaikan ke kami," ujar Prof. Yudian, di Masjid Ar Rabithah, selepas Shalat Jumat,(10 /12/2021).


Yudian merefleksikan, Pancasila yang dicetuskan oleh Bung Karno, sejatinya sesuatu yang sudah lebih dulu dihidupi oleh masyarakat Ende. Sehingga, Ende bisa disebut miniaturnya Indonesia.

Yudian yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Ende , mengaku kagum dengan keberagaman dan semangat toleransi yang dihidupi masyarakat Ende.


"Ada banyak masjid, lalu di sebelahnya itu ada Gereja, ada Pastoran. Jadi kehidupan mereka itu tidak pernah terganggu oleh gesekan-gesekan yang tidak perlu," ungkap Yudian.


Menurutnya, keberagaman dan semangat toleransi di Ende sesungguhnya merupakan contoh yang baik bagi pengamalan Pancasila.


Dia setuju dengan gagasan Bupati Djafar bahwa Ende jadi tempat belajar Pancasila. Sehubungan dengan itu, Yudian ingin menarik perhatian seluruh pelosok negeri ini ke Ende.


Langkah awal, BPIP mendorong Pemerintah agar mulai tahun depan (2022) Ende menjadi pusat Peringatan Hari Lahir Pancasila, 1 Juni.


Selanjutnya, BPIP membantu Pemerintah Kabupaten Ende, menggaungkan Ende jadi tempat belajar Pancasila generasi penerus bangsa. Salah satu sasarannya yakni Perguruan Tinggi.


Yudian mengaku punya koneksi yang bagus di Perguruan Tinggi, karena pernah berkarya di sana.


Ia berniat mendorong Perguruan Tinggi menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Ende. "Misalnya tema KKN Napak Tilas Bung Karno," (jemsnere)

Tag:

629 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua