Bupati Harap Duta Anak Lahirkan Generasi Berprestasi

JEMBRANA - analisapost.com | Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri Grand Final Pemilihan Duta Anak GENTARA (Gema Interaksi dan Temu Anak Jembrana) tahun 2022 di Auditorium Jembrana, Jumat (4/2). Kehadiran Bupati langsung disambut Tari Puspanjali yang ditarikan oleh anak-anak disabilitas. Turut hadir Kepala Dinas PPPA-PPKB Jembrana Ni Kade Ari Sugianti, Ketua TP PKK Jembrana Ny. Candrawati Tamba bersama Ketua GOW Jembrana Ny. Inda Patriana.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba menghadiri Grand Final Pemilihan Duta Anak GENTARA (Gema Interaksi dan Temu Anak Jembrana) (Foto: Ist)

Sebelumnya telah dilakukan seleksi kepada seluruh anak yang berdomisili di kabupaten Jembrana berusia 13-17 tahun. Peserta berasal dari seluruh SMP/MTs dan SMA/MA/SMK se-kabupaten Jembrana.


Adapun rangkaian seleksi diawali dengan tahap pendaftaran dengan jumlah peserta 121 orang pada 17 Januari 2022. Kemudian dilakukan seleksi melalui tes tulis, tes bakat dan tes wawancara menjadi 10 besar. Dari 10 besar finalis tersebut kemudian diseleksi kembali dalam Grand Final menjadi 5 Duta Anak kabupaten Jembrana 2022.


Terpilih sebagai Duta Anak 2022, Ni Ketut Timi Namiastuti (Komisi Kesehatan), Ni Made Elsa Dharma Pratiwi (Komisi Patisipasi), I Putu Wahyu Mahendra (Komisi Pendidikan), Ni Putu Ayu Candra Herawati Pande (Komisi Jaringan), Ni Made Amritha Devanthi (Komisi Perlindungan Khusus).

Bupati Tamba usai menyerahkan hadiah kepada para finalis mengucapkan selamat kepada finalis Duta Anak 2022. Kepada yang lain Ia harapkan agar jangan berkecil hati dan tetap semangat.


“Saya mengapresiasi kekompakan dan kreativitas dari anak-anak Jembrana dalam Forum Anak Daerah ini. Keberadaan Forum Anak Daerah (FAD) untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dan anak-anak untuk ikut berpartisipasi dalam pembangunan. Semoga dengan terpilihnya Duta Anak yang baru mereka mampu terus berinovasi dan memacu generasi muda lainnya untuk berprestasi sehingga menjadi generasi muda yang unggul,”ujarnya.


Tak hanya dari para finalis Duta Anak. Kehadiran Bupati yang juga disambut para penari dari anak – anak disabilitas juga menjadi perhatiannya. Bupati mengatakan kehadiran anak – anak disabilitas membuatnya merasa bangga sekaligus tersentuh.


Ia juga turut menyerahkan bingkisan kepada mereka. “Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan anak-anak disabilitas tadi. Meskipun secara fisik mereka ada kekurangan tetapi tidak menjadikan hal tersebut sebagai kelemahan mereka. Saya sangat terharu melihat semangat dan keceriaan mereka dalam menari tadi menunjukkan bakat mereka meski mempunyai keterbatasan,"ungkapnya.


Sementara Ketua Panitia Gentara 2022 Ni Made Lia Amanda Setiawati mengatakan tujuan diadakannya acara tersebut adalah untuk meningkatkan minat dan kesadaran anak Jembrana dalam pemenuhan hak anak serta menjadikan kabupaten Jembrana sebagai kabupaten Layak Anak.


“Untuk itu dilakukan seleksi mengumpulkan anak – anak Jembrana yang berkompeten sebagai pengurus FAD Jembrana tahun 2022. Nantinya Duta Anak yang sudah terpilih akan mewakili kabupaten Jembrana dalam MAB (Mimbar Anak Bali) 2022,”ucapnya. ( Yogi/Dna)

216 tampilan0 komentar