Bupati Saipul A. Mbuinga Bersama Kapolres Pohuwato Memantau Pelaksanaan Natal



Foto.: Humas

GORONTALO - analisapost.com | Memastikan situasi pengamanan natal di kabupaten Pohuwato, Bupati Saipul A. Mbuinga bersama Kapolres Pohuwato, Dandim 1313 Pohuwato dan Kajari Pohuwato memantau pelaksanaan natal yang ada di 4 titik yang dimulai dari Gereja Protestan Indonesia di Gorontalo (GPIG) di Desa Pohuwato Timur, Kecamatan Marisa, kemudian di Gereja Pantekosta Pusat Surabaya (GPPS) jemaat Gunung Batu di Desa Buntulia Selatan Kecamatan Duhiadaa, selanjutnya di Gereja Kristen Indonesia sulawesi selatan di Kelurahan Pentadu, Kecamatan Paguat serta Gereja Protestan Indonesia di Gorontalo (GPIG) jemaat Maranatha Desa Karangetang, Kecamatan Dengilo, Jum’at, (24/12/2021).


Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menjelaskan, setelah dilaksanakannya apel gelar pasukan dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru (Nataru) baru-baru ini.


Maka tinjauan saat ini adalah sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah bersama forkopimda dalam rangka untuk memantau langsung personil di lapangan yang telah ditugaskan berupa dari Kepolisian, TNI, dan Satpol PP itu sendiri untuk pengamam nataru tersebut.


Lanjut Bupati Saipul, pengamanan tersebut tujuannya dalam rangka untuk memberikan kenyamanan kepada umat kristiani menjalankan ibadah natal.


Foto : Humas

“Kami harap sampai tahun baru pelaksanaan ibadah ini tetap kondusif, aman, dan terkendali dengan kesigapan personil yang ada di lapangan dari masing-masing kesatuan yakni TNI/Polri dan Satpol PP”,jelas bupati.


Sementara itu, Kapolres Pohuwato, AKBP Joko Sulistiono mengatakan, untuk persiapan natal pada malam ini, maka polres Pohuwato bersama kodim 1313 Pohuwato, pemda, memastikan pelaksanaan pengamanan gereja di wilayah Pohuwato saat ini berjalan aman dan kondusif. “Ada 38 gereja dari 53 gereja di Pohuwato yang melaksanakan kegiatan”,terangnya.

Untuk kegiatan personil TNI, Polri, Satpol PP jelas kapolres pohuwato, adalah melaksanakan pengamanan di semua gereja dan melaksanakan patroli gabungan. Untuk patroli kita bagi dua tim yakni tim pertama meliputi wilayah Marisa, Buntulia, Duhiadaa, Paguat dan Dengilo, sementara tim kedua wilayah Randangan, Lemito, dan Popayato sekitar.


“Kita memastikan dan menjamin pelaksanaan natal berjalan aman dan kondusif. Kami juga menghimbau warga masyarakat yang melaksanakan ibadah untuk patuh terhadap prokes guna mencegah penyebaran covid-19”,ungkapnya.


Ditambahkan Kapolres Pohuwato, Joko Sulistiono, apabila terjadi gangguan kamtibmas berupa ancaman yang ada di wilayah sekitar bisa melapor di pos pengamanan. Ada 4 titik pos pengamanan, pertama di perbatasan Boalemo-Pohuwato, pohon cinta, pasar popayato dan perbatasan Molosipat-Parimo, pos pengamanan siap 1x24 jam dan siap melayani masyarakat Pohuwato dan sekitarnya.(Zebal)

446 tampilan0 komentar