Cegah Demam Berdarah Warga Puri Mojobaru Melakukan Fogging

Diperbarui: 4 Feb

MOJOKERTO - analisappst.com | Tidak hanya kasus covid-19 yang menjadi perhatian, Tetapi penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) perlu diwaspadai terutama dimusim penghujan ini diharapkan masyarakat untuk selalu jaga kesehatan.

Tampak beberapa warga menyiapkan konsumsi untuk diberikan sebelum kegiatan (Foto : istimewa)

Menurut Hartono MD, Kepala Rukun Warga (RW) perumahan Puri Mojobaru Desa Canggu Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto melakukan fogging untuk antisipasi terjadinya kasus demam berdarah sebab empat warga di Perumahan PMB sudah ada yang terjangkit demam berdarah.


"Supaya tidak ada warga yang terpapar demam berdarah lagi, kami melakukan kegiatan fogging. Ini salah satu upaya untuk mencegah meluasnya penyebaran demam berdarah." paparnya kepada awak media Analisa Post saat di temui. Kamis (03/02/22)


Namun sebenarnya yang paling efektif dalam mencegah penyebaran ini dengan melakukan gerakan 3 M yakni Menguras tempat penampungan air, Menutup tempat air, dan Mengubur barang bekas.


Sebagai perwakilan dari Puskesmas, Nunung mengatakan kepada Analisa Post sebelumnya sudah ada warga yang terkena deman berdarah. Supaya tidak menyebar maka dilakukan fogging. "Untuk Foggingnya gratis diberikan kepada 300 KK khususnya seluruh blok A. kegiatan ini dilakukan sekitar pukul 6.30 sudah mulai penyemprotan mas memang harus pagi." terangnya kepada awak media saat di konfirmasi.


Untuk diketahui Fogging harus dilakukan pada waktu yang tepat. Karena nyamuk Aedes Aegypti aktif pada pukul 08.00-11.00 dan sekitar pukul 14.00-17.00. Sehingga pada waktu itulah nyamuk bereaksi menggigit manusia. Jika melakukan fogging maka harus sebelum masa gigitan tersebut atau diantara waktu aktif dia menggigit. (Che/Dna)

151 tampilan0 komentar