Cegah Wabah PMK, Polres Bangkalan dan Jajarannya Melakukan Swiping Kendaraan Yang Bermuatan Hewan

BANGKALAN - analisapost.com | Guna mencegah mewabah penyakit mulut kuku (PMK) pada hewan ternak, pukul 1800 wib ari Jumat (13/5/22) petugas karantina menerima info adanya truck dan pic-up bermuatan sapi dan kambing dari luar Madura yang akan memasuki wilayah Madura dengan melintasi jembatan Suramadu masuk ke jalan tikus arah kecamatan Kwanyar

Seakan tidak mau kalah dan tidak mau kecolongan dengan sigap serta tanggap petugas Karantina hewan beserta Petugas Kepolisian Polsek Sukolilo melakukan tindakan pemeriksaan kendaraan truck maupun pick up yang bermuatan hewan ternak sapi dan kambing di area tol Suramadu.


Mendengar info tersebut petugas karantina segera menuju lokasi, selang satu jam petugas mengamankan pick up yang berisi kambing dan setengah jam kemudian mendapati 1 unit truck lagi yang memuat sapi.


Adapun kendaraan dan hewan ternak yang telah diamankan oleh petugas berupa 1 unit Truck No. Pol : M-9356-G warna putih, berisi 4 ekor sapi dari Kota Surabaya yang akan dikirim ke Kwanyar Kab. Bangkalan beserta pengemudinya MS 46 th asal desa Somor Koneng kec. Kwanyar dan 1 Unit pic-up No. Pol : W 9865 YB warna Hitam , berisi 20 ekor kambing dari Kab. Blora Jawa Tengah yang akan dikirim ke Kab. Pamekasan beserta pengemudinya KR 23 thn Desa Barat kec. Laden kab. Pamekasan.

Hewan yang berhasil diamankan telah dilakukan pengambilan sampel darah oleh Petugas Karantina selanjutnya akan dikirim ke kantor karantina pusat Kamal untuk dilakukan uji lab agar memperoleh hasilnya.


Selanjutnya hewan dan supir akan dipulangkan ke daerah asal dengan dibuatkan Berita Acara Pemulangan oleh Petugas Karantina Bangkalan sedangkan pemilik hewan akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut di Polres Bangkalan.


Kapolsek Sukolilo Iptu. Agus P bersama anggota Polsek, Lantas, dan petugas karantina melaksanakan pengawalan 1 unit truck dan 1 unit pick up bermuatan sapi hingga bentang tengah jembatan Suramadu untuk di kembalikan ke daerah asal sampai meninggalkan wilayah kab Bangkalan.


Polres Bangkalan juga berkoordinasi dengan polres Sampang, Pamekasan dan sumenep agar selalu bersinergi dalam pencegahan wabah pada hewan ini.(MzL )

1 tampilan0 komentar