Dalam Rangka HJB Bupati Beserta Rombongan Siarah ke Makam Raja-Raja Bone

BONE - analisapost.com | Bupati Bone DR. H. A. Fahsar M. Padjalangi, M.Si didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Bone Hj. Kurniaty A. Fahsar, S.H., M.Si., serta Forkopimda Bone melanjutkan Agenda ziarah Makam rangkaian Peringatan Hari Jadi Bone ke-692 tahun 2022.

Agenda Ziarah Makam Rabu, 16 Maret 2022 dimulai di Makam Sultan Hasanuddin Raja Gowa ke-XVI yang merupakan salah satu Pahlawan Nasional Sulawesi Selatan di Katangka, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa.


Setelah itu, Bupati Bone beserta rombongan menuju Jl. Bonto Biraeng, juga didesa Katangka dalam rangka Napak Tilas ziarah Makam Raja Bone ke XV La Tenri Tatta Arung Palakka Petta Malampe Gemme'na Matinroe Ri Bontoala Rabu, 16 Maret 2022.


Di Kompleks Pemakaman ini Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan S.H., MH., menyambut langsung kedatangan Bupati Bone beserta rombongan hingga terlihat Keakraban antara Bone dan Gowa.


Dalam sambutan Penerimaannya Bupati Gowa, mengucapkan selamat datang kepada rombongan Pemkab Bone. Gowa dan Bone ini merupakan satu kesatuan persaudaraan yang tidak bisa dilepaskan dan tidak bisa dipisahkan oleh isu apapun.

“Pak Bupati Bone izinkan saya atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Gowa menyampaikan Selamat datang di daerah kami yang merupakan tanah kita juga, jadi Sebenarnya Bapak Bupati juga orang Gowa, orang Bone itu orang juga orang gowa, kita bersaudara jadi dalam hal ini saya hanya menyambut bapak sebagai sebuah keluarga bukan sebagai tamu” ucap Bupati Gowa.


Sementara itu, Bupati Bone mengatakan dengan adanya makam Raja Bone di Kabupaten Gowa menandakan bahwa tanah Bone dan Gowa memiliki hubungan kekerabata yang erat dan sangat baik serta tidak ada perselisihan.


"Saya mewakili Pemkab Bone serta masyarakat Bone berterima kasih atas perhatian yang luar biasa dari adinda adnan Yasin Limpo terhadap seluruh kegiatan Kab. Bone yang di selenggarakan di Kabupaten Gowa. Beliau sangat memperhatikan Masyarakat Bone yang ada di Kabupaten Gowa seperti yang beliau Katakan tadi ada 3 Pimpinan OPDnya orang Bone. Bantu Bapak Bupatita membangun Gowa "Aja tappakkasiri'ka, jaga nama baik Bone" ucap Bupati Bone

Selain Makam Arung Palakka Rombongan Pemkab Bone juga menziarahi makam Raja Bone ke XXXII H. A. Mappanyukki, Makam A. Pangerang Petta Rani dan Makam Jendral A. Muh. Yusuf di Taman Makam Pahlawan Panaikang, Kota Makassar


Tak hanya itu, Makam Raja Bone XXII Latemmassongeng Toappawali Sultan Abdul Razak Matinroe ri Mallimongeng yang telah dipugar juga diziarahi dan diagendakan pertama kali oleh Pemkab Bone serta disambut oleh Asisten I Setda Kota Makassar Andi Aslan Patonangi mewakili Walikota Makassar. (Syam86)

360 tampilan0 komentar