Dasuk Bebas Pasung, Drg. Novia Sri Wahyuni M.Kes Beserta Tim Puskesmas Bebaskan ODGJ Dari Belenggu

SUMENEP - analisapost.com | Dalam rangka program inovasi terbaru Puskesmas Dasuk Kabupaten Sumenep, Kepala Puskesmas yakni Drg. Novia Sri Wahyuni M.Kes mengadakan program peduli orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berada di lingkup wilayahnya, yakni Dasuk Bebas Pasung. Rabu (09/02/22)

Kepala Puskesmas, Drg. Novia Sri Wahyuni M.Kes mengadakan program peduli orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang berada di lingkup wilayahnya. Rabu (09/02/22) (Foto: Istimewa)

ODGJ tersebut telah dipasung beberapa tahun, karena dianggap dapat mengganggu atau membahayakan dirinya sendiri dan juga masyarakat. Sehingga masyarakat memutuskan untuk memasungnya.


Dokter Novi bersama tim sangat peduli dan langsung memasukkan program tersebut. Sehingga pada hari Rabu pagi Dr. Novi bersama Tim turun langsung ke lokasi di Desa Dasuk Barat membebaskan Ibu Sumiyati ODGJ yang dipasung menggunakan rantai. "Acara ini kami laksanakan tadi pagi," ucap Dr. Novi.

Tim membebaskan ibu Sumiyati. Memandikan, memberi makan, memastikan kesehatan dan memberikan edukasi kepada kerabat dan juga menitipkan Ibu Sumiyati. Selanjutnya perkembangan Ibu Sumiyati akan dalam pengawasan puskesmas Dasuk.


Dr. Novi mengatakan, "data yang ia dapat ada dua ODGJ yang dipasung di sektor wilayahnya. Ada dua ODGJ," ucap Dr. Novi. Tidak hanya pembebasan dan pengawasan, ia bersama tim berniat untuk menyembuhkan mereka.(Luf)

287 tampilan0 komentar