top of page

Desperindag Jatim Gelar Demo Masak Bersama Chef Syahril

Diperbarui: 8 Des 2023

SURABAYA - analisapost.com | Dalam rangkaian Pasar Murah hari ke dua yang dilaksanakan Pemprov Jatim melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Desperindag) Provinsi Jawa Timur, selain upaya stabilisasi harga bahan pokok, juga menggelar demo masak yang di selenggarakan di halaman kantor Disperindag Provinsi Jawa Timur untuk mengajak masyarakat hidup sehat khususnya pengunjung yang datang ke pasar murah. Kamis.(7/12/23)

Syahril Lazuardi Top 4 Master Chef Indonesia Season 10.
Syahril Lazuardi Top 4 Master Chef Indonesia Season 10 (Foto: Div)

"Pasar murah ini dibuka untuk seluruh masyarakat umum dan berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 6-7 Desember 2023 dengan menjual kebutuhan masyarakat khususnya barang kebutuhan pokok antara lain beras, gula, minyak goreng, dan telor, produk makanan dan minuman serta produk IKM binaan Desperindag dan lain sebagainya," ujar Yudi Ariyanto, Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri.


Ia juga menjelaskan bahwa pasar murah ini dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan daya beli masyarakat terhadap sejumlah barang kebutuhan pokok, terutama pada komoditi yang mengalami kecenderungan kenaikan harga.


"ini merupakan upaya kami agar harga terjangkau bagi masyarakat. Berharap melalui kegiatan ini, barang kebutuhan pokok bisa stabil menjelang Nataru," jelasnya.


Dalam gelaran pasar murah ada puluhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Pemrov jatim yang diundang dan produsen distributor dengan beberapa jenis produk antara lain buah, bapok, mamin, frozen food, aneka kerupuk, aneka assesoris, pakaian dan kerajinan.

Kepala Dinas dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dr.Iwan S,Hut.,MM
Kepala Dinas dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dr.Iwan S,Hut.,MM (Foto: Div)

Di kesempatan yang sama, Sulis salah satu warga Surabaya yang di temui awak media AnalisaPost untuk di minta keterangannya mengatakan,"hari ini saya belanja beras Rp.50 ribu, minyak Rp.14 ribu, beserta gula Rp.14 ribu. Harganya lumayan miring dan bagi warga yang ingin berbelanja, harus antri untuk mengambil nomor," katanya.


Tidak hanya pasar murah saja di tampilkan tetapi masyarakat yang datang untuk berbelanja di ajak hidup sehat dengan demo masak bersama Syahril Lazuardi Top 4 Master Chef Indonesia Season 10.


Dalam keterangannya Chef Syahril Lazuardi menggajak masyarakat khususnya pengunjung yang datang ke pasar murah Pemrov Jatim masak Ayam Kuah Curry, merupakan menu andalannya.


"Dengan adanya demo masak seperti ini saya ingin mengajarkan kemasyarakat teknik masak yang benar tanpa menggunakan MSG sebab dapat mengganggu daya tahan tubuh terutama buat ibu - ibu atau peserta stand UKM," ujar pria dengan gaya rambut anak punk.


"Di demo masak ini saya menyampaikan mulai penyimpanan bahan, cara masak hingga penyajiannya. seperti itu. Nah masakan yang saya demokan adalah masakan yang pernah menang, challenge dalam masterchef, namanya ayam kuah curry (kare). Harapannya masyarakat semakin mencintai makanan Indonesia," ucapnya.

Sulis salah satu warga Surabaya yang berbelanja di pasar murah
Sulis salah satu warga Surabaya yang berbelanja di pasar murah (Foto: Div)

Sosok chef yang dikenal nyentrik ini bercerita kepada awak media AnalisaPost dalam mengolah bahan makanan saat waktu kerja di cafe. Tak hanya ayam, bahkan ia juga menceritakan menu buatannya Getuk yang dikemas kekinian.


Dalam pantauan awak media AnalisaPost tampak pengunjung menyaksikan dengan antusias. "Wah ternyata MSG itu tidak sehat ya. Tapi itu bahan yang paling sering kita pakai masak," celetuk salah satu pengunjung.


Ditengah-tegah kegiatan demo masak, tampak hadir Kepala Dinas dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur, Dr.Iwan S,Hut.,MM berkeliling di tiap booth dan berbincang-bincang bersama para pedagang.(Che/Dna)


Dapatkan berita pilihan serta informasi menarik lainnya setiap hari dan ikuti berita terbaru analisapost.com di Google News klik link ini jangan lupa di follow.

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page