Ditangan Qiara Tanaman Bidara Disulap Menjadi Sabun



Surabaya, Analisa Post | Memiliki anak cerdas merupakan impian setiap orang tua. Apalagi diera serba canggih ini setiap anak di tuntut untuk mempunyai kretivitas seperti yang ditunjukkan oleh Qiara Azrine Ferlisa Baskoro, pelajar kelas V SDN Dukuh Pakis III Surabaya yang mampu mengelola tanaman Bidara menjadi sabun cair, masker kecantikan hingga minuman kesehatan.


Selama sekolah tatap muka dialihkan daring, bukan berarti tidak bisa mengembangkan ide. Justru bocah SD ini mampu membuat inovasi-inovasi baru disela-sela dia sekolah daring dengan memanfaatkan tanaman Bidara.


Selain membuat inovasi, Qiara juga menjadi duta lingkungan, dimana dia harus memberi informasi agar masyarakat gemar menanam karena penghijauan di kota besar sudah jarang.

Bocah SD ini juga telah berhasil membudidayakan lebih dari 1500 tanaman Bidara. Melalui penemunya diharapkan bisa menjadi contoh bahwa fungsi tanaman sangat banyak.

Foto : Div (Qiara bersama Sang Bunda)

Saat ini Qiara masuk menjadi finalis Putri Lingkungan Hidup tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Tunas Hijau. Budidaya tanaman yang memiliki duri pada ranting dan batangnya merupakan proyek Qiara untuk mengikuti finalis Putri Lingkungan.


Menurut Qiara, ada beberapa jenis tanaman Bidara. Namun Qiara memilih bidara arab karena manfaatnya yang banyak untuk kesehatan."saya sering lihat di internet bahwa tanaman Bidara banyak manfaatnya." Ujar gadis cantik ini.


"Produk olahan Bidara ini selain dipakai sendiri, juga sudah ada yang membeli. dan mereka bilang bagus. Karena jerawatnya hilang setelah pakai produkku." Tutur Qiara.


Menurutnya, menanam dan merawat tanaman ini tidaklah sulit. Qiara juga mensosialisasikan proyek yang dikerjakannya secara online melalui instagram selain dia memiliki kampung adopsi.



121 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua