Fungsi Puskesmas Dulu Dengan Sekarang Beda


Foto : Charles

Sidoarjo, Analisa Post | Sampai hari ini Covid - 19 belum berakhir. Berbagai langkah dilakukan Pemerintah Pusat hingga daerah untuk mengurangi penyebarannya. Pastinya Pemerintah tidak bisa kerja sendiri otomatis melibatkan berbagai unsur terkait tujuanya agar instruksi yang bisa langsung sampai ke masyarakat.


Termasuk Kabupaten Sidoarjo khususnya Puskesmas Sedati melakukan edukasi kesehatan ke masyarakat. Supaya warga patuh terhadap protokol kesehatan meliputi 5 M dan melakukan penyemprotan diwilayah - wilayah.


Jangan lupa bahwa masyarakat wajib divaksinasi berdasarkan tahapan dari Pemerintah. Selain itu dilakukan screening kesehatan tidak hanya di Puskesmas tapi juga ditempat berkumpulnya masyarakat.


Beruntung tiap daerah itu sudah, sehingga program-program tersebut tinggal dilaksanakan saja.

Foto : Div

Tetapi dalam pelaksananya tidak mudah, menurut keterangan dr. Fauzi menyampaikan,"Kita harusnya paham karakter masyarakat daerah, contoh warga daerah pesisir profesinya nelayan, kalau pagi ada dilaut pulangnya sore atau malam baru dirumah."


Lanjut di sampaikan,"Informasi kesehatan akan dilakukan pada jam segitu. Ada kalanya warga dirangsang dengan doorprize untuk lebih dekat. Disamping itu melibatkan organisasi kemasyarakatan. Kepolsian dll untuk menyampaikan tentang kasus Covid - 19." Ujarnya


Beliau juga mengatakan peningkatan kasus Covid - 19 diwilayahnya lumayan tapi tidak semua daerah terkena.


Saat Analisa Post menanyakan mengenai Gedung Baru,dr Fauzi mengatakan bahwa kegiatan kesehatan tidak selalu dilakukan didalam gedung banyak hal yang bisa dikerjakan justru diluar ruangan.


Fungsi Puskesmas sekarang beda, kalau dulu hanya melayani orang sakit sedangkan sekarang juga melayani orang sehat, terbukti ada ruang konseling.


Dapat dikatakan Puskesmas Sedati sudah cukup bagus. Dengan dukungan lintas sektoral sudah mencoba secara struktur bagaimana supaya Covid - 19 ditekankan dengan semaksimal mungkin dengan menyiapkan SOP, pengawasan lingkungan.


Yang paling utama itu merubah kultur masyarakat agar mau hidup sehat sesuai prokotol kesehatan sebagai langkah menangkal Covid dan itu dapat dimulai dari keluarga.


Intinya layanan kesehatan di Puskesmas Sedati dipermudah cuma tetap ada aturan yang wajib dipatuhi tidak semau gue. Disamping itu Puskesmas akan menjadi tempat rujukan.(Che)

2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua